Pentingnya Ajak Anak Lakukan Aktivitas Fisik
Monday, 11 July 2016
Pentingnya Ajak Anak Lakukan Aktivitas Fisik

KEBIASAAN menyantap makanan berlemak dan minuman manis dapat ditiru oleh anak-anak. Ditambah lagi jika anak jadi malas berolahraga karena melihat orangtuanya juga malas berolahraga. Hal ini akan berdampak pada penyakit pada masa dewasanya nanti.

Oleh karena itu, orangtua perlu membimbing dan memotivasi anak untuk melakukan aktivitas fisik yang sehat. Dukungan orangtua juga sangat dibutuhkan di sini.

"Memang harus dimulai dari keluarga dulu. Orangtua bisa mengajak anak untuk masuk ke dalam klab olahraga tertentu. Bisa juga mencari partner yang bisa memotivasi anak berolahraga bersama," imbuh dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak, Pediatri Sosial saat ditemui Okezone di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan anjuran World Health Organisation, setidaknya seseorang menggunakan satu jam setiap harinya sebagai aktivitas fisik apapun bentuknya. Hal ini dilakukan untuk menunjang kesehatan orang tersebut.

"Saya sarankan, jika jarak sekolah masih dalam jangkauan kaki, temani anak saja berjalan kaki atau bersepeda. Jadi, paling tidak dalam waktu satu jam ia melakukan aktivitas fisik," pungkasnya

(okz/hel)