Panduan Memilih Pelembap Sesuai Jenis Kulit Wajah
Thursday, 28 July 2016
Panduan Memilih Pelembap Sesuai Jenis Kulit Wajah

PELEMBAP merupakan salah satu item make-up yang wajib diaplikasikan oleh para wanita. Pelembap memiliki manfaat yang besar bagi kulit.

Di antaranya membantu kulit untuk menjaga kadar air dan menjaga kulit dari bahaya dehidrasi. Namun, dalam menggunakan pelembap yang digunakan, Anda harus tahu mana yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Berikut adalah jenis pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah, seperti dilansir MakeUp, Kamis (28/7/2016).

Kulit kering

Anda yang memiliki jenis kulit wajah kering memerlukan pelembap yang dapat menghidrasi kulit. Menurut dermatologist, Dr Bruce Katz, pelembap dengan jenis krim lebih baik digunakan dibandingkan losion atau gel. Tekstur pelembap seperti krim dapat memberikan kadar air yang cukup pada kulit.

Kulit sensitif

Jika kulit wajah Anda mudah memerah karena menggunakan suatu produk kecantikan tertentu, maka Anda memiliki kulit wajah yang sensitif. Ya, jenis kulit ini memiliki alergi terhadap hampir semua bahan yang terdapat pada pelembap.

“Banyak orang berpikir pelembap dengan harga mahal adalah yang terbaik, padahal hal itu belum tentu benar. Sebab beberapa di antaranya ada yang dapat menyumbat pori-pori dan terlalu berat untuk kulit sensitif. Anda bisa memilih kandungan oatmeal atau lidah buaya,” terang Dr. Katz.

Kulit berminyak

Kulit berminyak terjadi akibat produksi sebum yang berlebih. Jika ada yang menyatakan wanita dengan wajah berminyak tidak memerlukan pelembap, maka Anda salah. Pilihlah pelembap yang dapat menyerap minyak atau tidak memiliki kandungan minyak (oil free) sama sekali.

Kulit berjerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit mudah berjerawat, pilihlah jenis pelembap yang memiliki tekstur lebih ringan. Misalnya, jenis pelembap bentuk krim, losion, atau gel. Pilihlah kandungan oil free agar tidak menutupi pori-pori wajah dan memperparah kondisi jerawat.

Kulit kombinasi

Kulit wajah Anda terkadang terasa berminyak, kering, dan berjerawat? Itu tandanya Anda memiliki jenis kulit wajah kombinasi. Untuk kasus seperti ini, Dr Katz menyarankan untuk memiliki produk perawatan wajah yang berbeda. "Jika area T terlihat berminyak, pilih kandungan yang lebih ringan, dan tekstur krim untuk bagian wajah yang kering," tutupnya.

(okz/ren)