Kiat Mengenal Seseorang untuk Dinikahi Menurut Islam
Thursday, 28 July 2016
Kiat Mengenal Seseorang untuk Dinikahi Menurut Islam

PERNIKAHAN dalam Islam adalah suatu keputusan paling penting yang akan diambil seseorang dalam hidup. Nabi Muhammad mengingatkan bahwa pernikahan adalah "setengah dari iman."

Dasar pernikahan dibangun di atas saling menerima, komunikasi, jujur, berbagi dan percaya. Terbuka dan jujur sangat dianjurkan untuk mengawali hubungan dengan tujuan menikah.

“Untuk mengenal lebih dalam seseorang yang akan dinikahi, keduanya dianjurkan saling berbagi pengalaman dan mengutarakan sudut pandang. Selain itu melakukan percakapan mencakup pertanyaan praktis serta emosional demi mencari informasi tentang seseorang, memahami nilai-nilai. dan kepercayaannya,” tulis Munira Lekovic Ezzeldine, konselor pernikahan muslim di California State University.

Seperti dilansir Soundvision, Kamis (28/7/2016), ia memaparkan kunci mengajukan pertanyaan bertujuan untuk memahami orang, bukan menghakimi. Semakin banyak Anda tahu dan mengerti tentang dunia seseorang dalam berpikir serta mengambil keputusan, semakin mampu Anda memutuskan baik atau tidak untuk hidup bersama dengannya.

“Ada topik inti yang calon pasangan perlu bicarakan sebelum menikah dan ditanyakan selama proses mengenal. Yaitu, tujuan jangka panjang, nilai-nilai, keimanan, keuangan, anak-anak, dan keluarga. Jika masalah muncul dalam proses diskusi, maka masing-masing bisa mengevaluasi kekuatan dan kelemahan untuk membawa hubungan ke pernikahan atau tidak,” terangnya.

Melakukan percakapan bijaksana ketika mengenal seseorang akan memberi wawasan dalam gaya komunikasi Anda. Tidak hanya komunikasi verbal yang digunakan dalam menjawab pertanyaan. Tetapi mengetahui ekspresi melalui penggunaan kata-kata, sarkasme, lelucon, komentar dan keluhan. Pasangan juga berkomunikasi secara non-verbal melalui ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang akan mengidentifikasi informasi tentang karakter seseorang yang hendak dinikahi.

(okz/vin)