Seperti Ini Batasan Orangtua Membantu Anak Sesuai Usia
Friday, 29 July 2016
Seperti Ini Batasan Orangtua Membantu Anak Sesuai Usia

SUDAH menjadi kewajiban orangtua membantu anak ketika mereka membutuhkannya. Namun, jangan sembarangan dan selalu membantu anak, agar mereka mandiri berikan ‘porsi’ yang pas dalam membantunya sesuai dengan usia anak berikut ini.

Usia sekolah dasar

Peran orangtua pada anak usia ini adalah mengarahkan dan memotivasi apa yang akan mereka kerjakan. Anda mungkin harus lebih sering memberitahu apa yang harus mereka lakukan.

Usia sekolah menengah pertama

Ini adalah tahap transisi, di mana anak juga mengalami masa pubertas. Peran Anda dalam membantu mereka adalah hanya mendukung saja setiap apa yang dilakukan, biarkan mereka mengeksplorasi aktivitas yang mereka suka sejauh itu positif.

Usia sekolah menengah atas

Peran orangtua pada anak usia ini adalah terus menumbuhkan kemandirian. Anak di usia ini mempunyai semangat yang meletup-letup namun kadang mereka tak menyadari bahwa mereka tak mampu melakukannya. Bantu mereka untuk menyadari kemampuannya sendiri.

Usia perguruan tinggi

Waktunya anak untuk hidup sendiri, inilah saatnya mereka bebas berekspresi. Jangan membatasi dan terlalu banyak ikut campur, cukup jaga komunikasi dengan baik. Demikian dilansir Yourtango, Jumat (29/7/2016).

(okz/vin)