Usia Berapa Anak Pantas Diberikan Ponsel?
Friday, 29 July 2016
Usia Berapa Anak Pantas Diberikan Ponsel?

ORANGTUA zaman sekarang bergelut dengan kekhawatiran anak dengangadget. Diberikan ponsel salah, tidak diberikan juga ada risiko yang harus ditanggung.

Ya, dunia digital memang bagai dua sisi mata uang, positif dan negatif. Melansir dari Familyshare, Jumat (29/7/2016), tidak begitu salah jika orangtua memberi anak ponsel pada usia delapan tahun. Asalkan, lakukan pertimbangan berikut sebelum memberikan ponsel pada anak.

Keuangan

Memberi anak ponsel tentu ada biaya yang perlu dikeluarkan. Belum lagi biaya tambahan pulsa dan paket data. Jika anak men-download game, biaya bertambah. Maka, pastikan anak diberi jatah untuk menggunakan ponsel pintar seperlunya dan main game sesuai usia.

Keamanan

Alasan orangtua memberi ponsel kepada anak untuk keamanan dan ketenangan. Seperti memantau apakah mereka sudah pulang sekolah, bermain di rumah teman, atau saat naik transportasi umum. Tetapi, jika ponsel membuat orangtua cemas karena takut anak mengakses konten dewasa, lantas bagaimana memantau mereka untuk bertanggung jawab menggunakan ponsel? Maka, orangtua harus memutuskan berdasarkan jatuh tempo dan kehidupan keadaan anak. Manfaatkan aplikasi pemblokir konten dewasa dan lacak terus penggunaan anak.

Interpersonal

Ponsel dapat memudahkan anak berhubungan dengan teman dan keluarga tetapi juga bisa berperan sebagai penghalang interaksi. Risiko untuk cyber bullying merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan.

Usia tepat anak menggunakan ponsel begitu bervariasi dan luas. Sebaiknya orangtua bertanya pada diri sendiri dan perhatikan apakah anak sudah siap mengendalikan dirinya.

(okz/vin)