Terapi Air Hangat di Pemandian Tirto Husodo
Tuesday, 02 August 2016
Terapi Air Hangat di Pemandian Tirto Husodo

PACITAN – Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ternyata tidak hanya memiliki tempat wisata berupa pantai dan goa yang eksotis. Tetapi juga memiliki tempat wisata alam pemandian air hangat Tirto Husodo.

Lokasi pemandian air hangat Tirto Husodo berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Pacitan, atau berada sekira 15 kilometer (km) dari pusat Kota Pacitan.

Pengunjung yang hendak ke pemandian air hangat Tirto Husodo harus menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada angkutan umum untuk menuju lokasi wisata tersebut.

Jalan menuju lokasi wisata cukup bagus dan beraspal. Di sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhi keindahan alam Pacitan yang berupa perbukitan hijau, bentangan sawah, dan sungai dengan air yang jernih.

Suasana dan suhu di sepanjang jalan menuju ke pemandian air hangat itu cukup sejuk, karena lokasi tempat wisata yang berada di daerah pedesaan.

Pengelola Tirto Husodo mematok tiket seharga Rp10.000 perorang untuk dewasa dan Rp5.000 per orang untuk anak-anak.

Di lokasi pemandian, ada empat kolam air hangat dan satu tempat spa air hangat. Dua kolam untuk dewasa seluas 11 meter X 17 meter dengan kedalaman 1,4 meter. Satu kolam tanggung dengan luas 8 meter X 12 meter dan kedalaman 1 meter. Satu kolam anak seluas 12 meter X 6 meter dengan kedalaman 50 sentimeter. Sedangkan untuk spa hanya disediakan satu ruangan yang bisa menampung hingga 15 orang.

Suhu air di sumber air hangat mencapai 40,7 derajat celcius. Di kolam air hangat Tirto Husodo ini berbeda dengan pemandian air hangat di tempat lain. Air hangat di tempat lain bisanya berwarna kuning karena kandungan belerang yang cukup banyak, tetapi di Tirto Husodo justru airnya bening dan tidak tampak warna kekuningan. Air di dalam kolam tidak beda dengan air di kolam renang biasa.

“Air di Tirto Husodo memang bening dan jernih dari sumbernya langsung, kami tidak menggunakan bahan kimia apa pun termasuk kaporit. Meski tidak menggunakan bahan kimia, air di kolam pemandian tetap jernih. Itulah salah satu keistimewaan pemandian air hangat Tirto Husodo Pacitan,” kata Kepala UPTD Pemandian Air Hangat Tirto Husodo Pacitan, Imam Mukti, seperti dikutip dari Madiunpos.com, Selasa (2/8/2016).

Imam menambahkan, sumber air di Tirto Husodo tidak pernah habis dan stabil, artinya suplai air pada saat musim kemarau dan penghujan hampir sama yaitu 5 liter per detik. Menurutnya, meski tidak berwarna kuning karena kandungan belerang, air hangat ini merupakan air hangat alami.

(okz/fds)