Perempuan yang Telat Menstruasi Berumur Lebih Panjang
Tuesday, 02 August 2016
Perempuan yang Telat Menstruasi Berumur Lebih Panjang

JIKA Anda memiliki anak perempuan yang terlambat menstruasi lebih dari teman-temannya, jangan lantas khawatir. Fakta dari penelitian terbaru menunjukkan bahwa ternyata wanita yang menstruasi pertama di atas usia 12 tahun cenderung berumur panjang.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Menopause, menganalisis data dari 16 ribu wanita post menopause di Amerika Serikat dari Women’s Health Initiative. Yang menarik dari penelitian jangka panjang ini, mereka yang mulai menstruasi pada usia 12 tahun dan menopause di usia 50 tahun ke atas berpeluang hidup hingga usia 90 tahun.

"Tim kami menemukan bahwa perempuan yang lebih lambat alami menstruasi, tidak lebih rentan alami berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan riwayat diabetes. Mereka cenderung lebih sehat secara keseluruhan," kata penulis laporan tersebut, Aladdin Shadyab, PhD, dikutip dari Womenshealthmag, Selasa (2/8/2016).

Peneliti mengatakan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan alasan mengapa kedua hal ini saling berhubungan. Meski demikian, temuan ini menunjukkan bahwa kebiasaan sehat berhubungan dengan menstruasi sehat, sehingga menghasilkan hidup sehat dan umur panjang.

(okz/hel)