Seperti Ini Konflik Rumah Tangga Paling Sering Terjadi
Tuesday, 02 August 2016
Seperti Ini Konflik Rumah Tangga Paling Sering Terjadi

TAK ada pernikahan sempurna. Setiap rumah tangga pasti didera masalah, baik besar maupun kecil.

Kendati menikah sangat dianjurkan dalam Islam, tapi bukan berarti Islam membebaskan umat muslim yang menikah tanpa konflik. Seperti dilansir Soundvision, Selasa (2/8/2016), inilah gambaran ragam konflik yang paling sering terjadi menurut Islam.

Alasan

Kebanyakan pasangan memasuki pernikahan dengan persepsi mereka masing-masing. Sehingga dalam rumah tangga persepsi itu ternyata berbenturan. Dari situlah timbul perselisihan, baik soal tanggung jawab mau pun kesulitan kerja sama.

Pernikahan sehat

Alquran mengatakan: "Dan di antara tanda-tanda-Nya adalah ini, bahwa Dia menciptakan untukmu pasangan dari kalangan sendiri, bahwa Anda dapat tinggal dalam ketenangan bersama mereka, dan Dia telah menempatkan cinta dan belas kasih antara Anda (hati) ..." (30: 21) 

 

"Mereka (istri-istrimu) adalah sebagai pakaian untukmu, dan kamu sebagai pakaian bagi mereka." (2: 187)

Dalam Alquran tertuang banyak ayat-ayat tentang pernikahan. Namun, tidak semua rumah tangga mengikuti tuntunan dan sunah sehingga terjadi konflik.

Masalah keuangan

Ini sering terjadi ketika suami menganggur. Kebutuhan sulit terpenuhi dan menanggung zakat. Islam menganjurkan suami untuk bekerja dan menafkahi istri. Untuk itu sebelum menikah, masalah pekerjaan dan keuangan perlu dibicarakan.

(okz/vin)