3 Gejala yang Perlu Diwaspadai saat Haid
Tuesday, 02 August 2016
3 Gejala yang Perlu Diwaspadai saat Haid

BEBERAPA wantia kerap merasakan sakit atau kram perut saat haid. Terkadang sakit atau pendarahan yang berlebihan patut diwaspadai.

Berikut ini kondisi beberapa kondisi haid yang perlu diwaspadai, dikutip dari laman Womenshealthmag, Selasa (2/8/2016).

Pendarahan berlebihan

Mary Jane Minkin, ahli obstetri dan ginekolog profesor klinis di Yale University School of Medicine, mengatakan jika seorang wanita mengganti pembalutnya setiap 60 menit, ini saatnya ia melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Kejadian ini dicurigai terjadinya kelainan rahim, bisa karena fibroid atau polip. Selain itu, kehilangan banyak darah juga menyebabkan wanita merasa lelah pusing, hingga pingsan.

Obat pereda nyeri tak ampuh

Sebagian wanita yang merasakan nyeri tak tertahankan pada haid hari pertama, menenggak pil penghilang rasa sakit. Apabila obat tersebut sama sekali tidak berpengaruh, Minkin menduga terjadinya endometriosis. Langkah terbaik adalah segera berkonsultasi ke dokter untuk ditindak lebih lanjut.

Demam

Haid yang mendatangkan demam, nampaknya Anda harus waspada dengan gejala yang satu ini, Minkin mengingatkan. Adanya infeksi bakteri diakibatkan pembalut yang tak bersih, mencetuskan terjadinya radang pelvis. Biasanya wanita yang mengalami demam akibat peradangan dan nyeri pada tulang pinggul, membutuhkan antibiotik sebagai penyembuhan.

(okz/hel)