Review Film Bangkit ! (2016)
Tuesday, 02 August 2016
Review Film Bangkit ! (2016)

Film yang bertemakan Disaster Movie ini merupakan film pertama Disaster Movie di Indonesia lho !.

Berkisah mengenai keadaan di Jakarta yang terkena dampak terparah badai musim dingin di Asia dan badai musim panas dari benua Australia, sehingga menghasilkan curah hujan tinggi yang mengakibatkan pintu air Katulampa tidak dapat menampung debit air dan meluap merendam Jakarta. Keadaan diperburuk dengan gempa bumi berkekuatan besar yang terjadi di saat yang bersamaan. Ramalan akan terjadi bencana besar, menuntut para pengungsi untuk segera keluar dari wilayah Jakarta.

Adalah Addri (Vino G Bastian) seorang anggota TIM SAR Nasional (BASARNAS), Ia sangat berkomitmen dan mendedikasikan hamper seluruh hidupnya pada pekerjaan yang ditekuninya tersebut, Istri Addri, Indri (Putri Ayudya) sangat memahami pekerjaan suaminya, keluarga mereka sangatlah harmonis, terutama dengan kehadiran kedua putra-putri mereka yaitu Eka dan Dwi.

Di lokasi terpisah, seorang pemuda bernama Arifin (Deva Mahenra) seorang analis BMKG tengah berpacu mengejar waktu untuk memenuhi permintaan kekasihnya, Denanda (Acha Septriasa) seorang dokter, untuk menghadiri pemberkatan hubungan mereka di Gereja, namun karena keteledorannya yang berakibat pada hilangnya cincin pernikahan mereka, memaksanya untuk mencuri waktu menyempatkan diri membeli cincin yang baru sebelum menghadiri acara pemberkatan tersebut.

Namun kondisi cuaca yang saat itu benar-benar tidak bersahabat telah menghambat langkah Arifin. Sesaat setelah menaiki sepeda motornya, tiba-tiba saja terdengar bunyi gemuruh arus air dari arah pintu keluar dan menerpa Arifin  beserta motornya. Arifin berusaha keras menyelamatkan dirinya, mencoba bertahan, hingga akhirnya sosok Addri lah yang menyelamatkannya. Tim SAR yang tanggap turut mendatangi lokasi kejadian dan beraksi melakukan upaya penyelamatan.

Bagaimana bencana ini dapat berakhir ? Akan-kah bencana tersebut akhirnya meluluhlantakkan ibukota ? Addri dan Arifin jatuh bangun, bahkan rela kehilangan nyawa demi menyelamatkan kota Jakarta beserta orang-orang  yang mereka kasihi. Dapatkah mereka Bangkit dan mengalahkan kuasa alam ?

Sekilas setelah membaca sinopsisnya memang film Bangkit memiliki sebuah alur cerita yang berbeda, dimana kekacauan di Jakarta adalah inti dari ceritanya, namun sayang sekali visual yang diberikan pada film ini jauh sekali dari ekspektasi yang diharapkan, efek CGI yang ada difilm ini jauh sekali dari kata sempurna, dan sangat buruk sekali, jika teman-teman sering melihat FTV yang ada naga-naganya di Indosiar maka efek CGI di Film Bangkit! Juga menyerupai film tersebut, hanya saja lebih baik sedikit di Film Bangkit !.

Untungnya kehadiran Vino G Bastian, Deva Mehenra, Acha Septriasa, menjadikan film ini memiliki arti untuk ditonton, akting mereka cukup untuk menutupi adegan CGI yang begitu buruk disepanjang film, tak hanya itu ternyata film ini juga didukung oleh BASARNAS, TAGANA, PMI, dan BMKG, tapi sangat disayangkan hasil filmnya masih begitu jelek sekali.

Dengan embel-embel sebagai Disaster Movie Pertama di Indonesia, bangkit sepertinya terlalu terburu-buru untuk meluncurkan filmnya dibulan Juli ini, sangat dipertanyakan apakah tim produksi dalam film ini sudah menyerah untuk membuat hasil CGI-nya menjadi lebih bagus lagi ?, tapi meskipun begitu Badia tetap mendukung film Bangkit !.

Overall film Bangkit! Merupakan film Disaster Movie pertama di Indonesia dengan kualitas CGI yang jauh dari kata sempurna, Bagi teman-teman yang sekedar melihat sosok atau akting Vino G Bastian, Acha Septriasa, Deva Mahenra, kalian cocok untuk melihat ini, namun bagi teman-teman pecinta action dan suka dengan banyak adegan chaos, kalian tidak disarankan untuk menonton film ini, oleh karena itu Badia memberikan nilai (C-) untuk film ini.

Bagi teman-teman yang belum menonton filmnya silahkan saksikan cuplikan trailernya dibawah ini.