Berhenti Lakukan 3 Hal Ini agar Anak Lebih Mandiri
Wednesday, 03 August 2016
Berhenti Lakukan 3 Hal Ini agar Anak Lebih Mandiri

HATI-HATI, bantuan Anda sebagai orangtua kadang bisa membuat ruang gerak anak menjadi terbatasi. Alih-alih memudahkan anak, justru hanya akan menahan mereka berkembang. Lantaran itu, hentikan melakukan tiga hal ini agar anak lebih leluasa untuk belajar lebih mandiri.

Hentikan kata “harus”

Beberapa orangtua kadang salah kaprah akan edukasi-edukasi mengenaiparenting dan akhirnya mengharuskan anak untuk menjadi ini dan itu. Sesungguhnya itu tak boleh terjadi. Setiap anak berbeda dan berbeda pula kebutuhannya serta kemampuannya.

Membuntuti mereka

Tak ada yang senang jika kehidupannya di buntuti, pun begitu dengan Anda. Meski mereka masih di bawah umur dan di bawah pengawasan Anda, jangan terlalu ‘menempel’ pada mereka. Untuk itu jangan terlalu sering membuntuti mereka, biarkan mereka mengeksplorasi dunia luar tentunya dengan pengawasan Anda dari belakang. Ini bertujuan agar anak bisa survive dan rasa keberaniannya meningkat. 

 

Lepaskan rasa takut Anda

 

Anak-anak mempunyai jalannya sendiri. Percayalah bahwa langkah demi langkah mereka akan mandiri. Jadi lepaskan ketakutan Anda tak bisa melakukan ini itu, mereka pasti bisa melampauinya. Demikian dilansir Yourtango, Rabu (3/8/2016).

(okz/vin)