9 Agustus 2016, Bandara Baru di Jakarta Resmi Beroperasi
Wednesday, 03 August 2016
9 Agustus 2016, Bandara Baru di Jakarta Resmi Beroperasi

TERMINAL 3 Ultimate Bandara Soekarno – Hatta resmi beroperasi pada 9 Agustus 2016. Terminal ini akan mulai beroperasi tepat pada pukul 00.01 WIB.

Keputusan beroperasinya Terminal 3 Ultimate yang telah dinanti banyak orang ini dituangkan dalam surat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.508/1/1/DRJU.DBU-2016, tanggal 2 Agustus 2016, perihal Pengoperasian Terminal 3.

Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa setelah melalui proses verifikasi administrasi dan teknis serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman, maka Terminal 3 dinyatakan dapat dioperasikan.

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero), Agus Haryadi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang akhirnya memberikan izin untuk Terminal 3 Ultimate beroperasi. 

“Sejalan dengan hal tersebut, AP II menetapkan 9 Agustus sebagai tanggal dimulainya operasional perluasan Terminal 3. Pada tahap awal, maskapai yang akan menggunakan Terminal 3 hanya Garuda Indonesia,” jelas Agus Haryadi dalam siaran pers yang diterima Okezone, Selasa 2 Agustus 2016.

Sementara itu, VP Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar mengatakan perpindahan akan dilaksanakan secara bertahap. Diawali dengan rute domestik, baru kemudian seluruh penerbangan Garuda domestik dan internasional akan dilayani melalui Terminal 3 Ultimate.

“Dengan perpindahan ini, Garuda berharap para pengguna jasa dapat menikmati peningkatan fasilitas dan standar pelayanan yang kami berikan melalui terminal baru berkapasitas 25 juta penumpang tersebut” tutur Benny.

Terminal 3 Ultimate sendiri merupakan terminal terbaru yang dibangun di Bandara Soekarno – Hatta. Desain dan luas dari terminal ini banyak dipujinetizen. Bahkan, banyak orang membandingkan terminal ini dengan yang ada di Bandara Changi, Singapura.

(okz/jjs)