Malam Ini Tour de Singkarak 2016 Resmi Dibuka
Friday, 05 August 2016
Malam Ini Tour de Singkarak 2016 Resmi Dibuka

EVENT sport tourism Tour de Singkarak 2016 bergengsi ini resmi dibuka malam ini, Jumat (5/8/2016), dan akan berlangsung dari tanggal 6 - 14 Agustus 2016. Kedelapan kali event ini diselenggarakan di Sumatera Barat.

Sejak tahun 2009, Kementerian Pariwisata mengadakan balap sepeda Tour de Singkarak, hingga bergulir menjadi event tahunan yang ditunggu-tunggu para pecinta sport tourism ini.

Terdapat 25 tim yang turut serta mengikuti pertandingan internasional ini, diantaranya 19 tim internasional dan 6 tim nasional.

Nantinya, terdapat 8 etape yang akan dijajaki oleh para peserta. Dimulai dari Dermaga Danau Singkarak, Tanah Datar, Padang Panjang, Pariaman, Sawah Lunto, Bukittinggi, hingga berakhir di Padang. Rute ini meliputi 18 kabupaten dan kota.

Pada launching Tour de Singkarak Menteri Pariwisata Arief Yahya berujar, Tour de Singkarak memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

"Ini artinya Tour de Singkarak efektif sebagai sarana promosi dalam meningkatkan kunjungan dan awareness wisatawan juga mendapatkan direct impact dan media value yang tinggi," ujar Menpar Arief beberapa waktu lalu.

Sejak dijalankan pada tahun 2009, kemajuan wisata di kawasan Sumatera Barat kian meningkat. Bahkan di tahun 2013, Tour de Singkarak mendapat rekomendasi dari ASO Amauri Sport Organization (penyelenggara resmi Tour de Singkarak), sebagai major race dari kalender dunia balap sepeda Asia dengan jumlah lebih dari 1 juta penonton.

Tour de Singkarak juga menduduki peringkat kelima tour balap sepeda internasional dengan jumlah penonton terbanyak.

(okz/jjs)