Anak Selalu Gagal Pelajaran Matematika? Ini Solusinya
Friday, 12 August 2016
Anak Selalu Gagal Pelajaran Matematika? Ini Solusinya

DALAM menempuh pendidikan, anak akan menerima subjek-subjek ilmu pengetahuan, dan tentu setiap kelas ada tingkatan kesulitannya masing-masing.

Umumnya, yang selalu menjadi momok menyulitkan bagi anak-anak dalam sekolahnya adalah pelajaran matematika. Lantas, bagaimana bila ini terjadi pada anak Anda? Terapkan tiga cara berikut ini.

Cari tahu kesulitannya

Tanyakan pada anak Anda, apakah kendala yang dialami dalam belajar matematika terlebih di sekolah. Apakah teknik pengajaran guru yang terlalu cepat? Suasana kelas yang tak kondusif? Atau bahkan dia sulit untuk berhitung? Cari tahu kesulitannya.

Tunjukkan bahwa matematika mudah

Jangan memberikan perspektif yang sulit tentang matematika pada anak. Katakan hal lain, misal, matematika sangat berguna untuk kehidupan. Untuk memperhitungkan pembuatan rumah atau mobil, membuat layang-layang, dan lain sebagainya. Ajak anak Anda berlatih bersama. Tunjukkan bahwa matematika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan matematika itu mudah.

Cari celah lain

Cari celah lain untuk menunjukkan bahwa matematika itu menyenangkan. Salah satunya dengan mengikuti minat anak yang bersinggungan dengan matematika. Misalnya, bila anak hobi olahraga basket, ajak ia untuk berhitung bagaimana skor dan strategi permainan yang membutuhkan perhitungan. Ini akan menyenangkan, karena matematika berkesinambungan dengan segala aspek kehidupan. Demikian dilansir Sheknows, Jumat (12/8/2016).

(okz/vin)