4 Faktor Utama Wanita Susah Hamil
Friday, 12 August 2016
4 Faktor Utama Wanita Susah Hamil

SETELAH menikah pada umumnya para pasangan suami istri akan menginginkan kehadiran buah hati untuk melengkapi keluarga mereka. Namun, tidak semua pasangan bisa langsung mendapatkannya.

Bahkan, tak sedikit orang yang tidak pernah menunda kehamilan dan menerapkan pola hidup yang sehat. Tak hanya itu, pasangan suami istri yang sulit mendapatkan momongan juga harus memeriksakan dirinya ke dokter, apakah karena masalah kesuburan laki-laki atukah perempuan. Sehingga, ketika telah diketahui penyebabnya agar dilakukan tindakan selanjutnya.

Lantas apa faktor yang menyebabkan wanita sulit untuk hamil? Dilansir dari Familyshare, Jumat (12/8/2016), berikut beberapa faktor-faktor penyebab wanita sulit hamil, yaitu:

1. Stres

Stres dapat menjadi penyebabnya sekitar 30 persen masalah ketidak suburban pada wanita. Menceritakan seseorang ditengah-tengah perbincangan tidak pernah membantu mengurangi stres, tapi carilah kegiatan yang dapat membantu mengurangi stress Anda.

2. Kelebihan Berat Badan

Berat badan Anda sangat berpengaruh dalam kesuburan. Jika Anda memiliki berat badan yang agak gemuk, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk hamil.

3. Mengonsumsi Obat-obat Tertentu

Jika Anda mengonsumsi obat, itu mungkin bisa mempengaruhi kesuburan Anda. Beberapa obat-obatan, terutama antidepresan berakibat mengganggu hormon Anda. Bicaralah dengan dokter tentang apakah ini bisa terjadi pada diri Anda. Jika tetap ingin mengonsumsi obat, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

4. Merokok

Lendir serviks dapat membantu Anda untuk hamil. Hal itu juga membantu sperma membuat ke sel telur. Tapi kalau terlalu banyak, dapat menyebabkan infertilitas. Merokok daopat mempengaruhi mucas serviks Anda. Hal tersebut menjadi masalah mencapai 13 persen dalam kasus infertilitas. Inilah faktor yang mendasari untuk segudang masalah lainnya. Bahkan, jika Anda tidak merokok dan berada di sekitar perokok pasif selama enam jam atau lebih setiap hari, akan membuat 36 persen lebih kemungkin untuk tidak subur.

(okz/hel)