83 Booth Ramaikan Pameran Batik Warisan 2016
Thursday, 25 August 2016
83 Booth Ramaikan Pameran Batik Warisan 2016

AJANG Wasiat Agung Negeri Nusantara (Warisan) 2016 digelar untuk pertama kalinya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Mediatama Binakreasi ini menghadirkan pameran kain wastra dan busana kain wastra batik.

Sejumlah 83 peserta yang merupakan para perajin menampilkan karya batik Nusantara. Karya batik yang ditampilkan di antaranya batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi batik tulis dan cap, yang menggunakan alat panas seratus persen. Dalam ajang ini pula beberapa kurator akan melakukan proses kurasi untuk menentukan jenis batik asli yang menggunakan teknik lilin panas.

"Proses kurasi ini sangat penting. Kami melakukan kurasi terkait batik yang pembuatannya menggunakan teknik lilin panas. Kalau ketahuan penggunaannya menggunakan teknik kombinasi lilin dingin atau printing akan kami kenakan sanksi," ujar Komarudin Kudiya, salah seorang kurator batik yang ditemui Okezone di JCC, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Selain pameran, acara yang diselenggarakan empat hari berturut-turut (25-28 Agustus 2016) ini juga menampilkan peragaan busana serta lelang amal batik pada 27 Agustus 2016 mendatang, games batik, konsultasi batik dan musik tradisional.

"Mengangkat tema Citra Batik Nusantara, pameran ini bertujuan mengangkat visi misi untuk melestarikan karya seni Indonesia dengan menampilkan kemurnian batik melalui bisnis. Kita akan merasakan stimulasi cita rasa karya Nusantara dengan suguhan masterpiece dari para perajin," tutur Umi Nur Wijiati, selaku pihak penyelenggara acara dari Mediatama Binakreasi.

(okz/ren)