Anak Cerdas karena Orangtua Membiasakan Hal Ini
Thursday, 25 August 2016
Anak Cerdas karena Orangtua Membiasakan Hal Ini

MASA kecil merupakan masa yang indah bagi anak-anak. Pada masa ini juga, saat yang tepat untuk mengoptimalkan kecerdasan anak dengan emotional attachment yang dibangun untuk masa depan mereka ketika dewasa kelak.

Pertumbuhan anak- anak harus digarisbawahi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karenanya, psikolog anak Efnie Indriyani menyararankan untuk melatih anak untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang kreatif.

Sehingga, anak sejak kecil akan terbiasa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, hal tersebut yang menjadi dasar dalam proses berpikir ketika mereka dewasa.

"Melatih kecerdasan emosi anak butuh variasi. Salah satunya bisa dengan mengajak anak ke wahana permainan yang tak hanya tentang petualangan namun mengedukasi seperti pembelajaran beragam profesi. Di sinilah peran lbu menjadi sangat penting dalam menciptakan pengalaman baru bagi sang anak," ungkap Efnie kepada Okezone di Kidzania Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Selain melatih kecerdasan emosi, menurut Efnie memperkenalkan beragam profesi dapat memberi pengalaman khusus yang dapat mengasah kreativitas anak, karena hal ini dapat membuat anak lebih bahagia dan percaya diri serta menciptakan ikatan yang kuat antara orangtua dan anak melalui proses orangtua mendampingi anak saat berkegiatan kreatif.

"Nantinya saat anak dewasa terlihat mana anak yang mempunyai pengalaman kreatif saat masih kanak-kanak. Cita-citanya jelas tanpa plin-plan ingin menjadi ini dan itu," tutup Efnie.

(okz/vin)