Tanda-Tanda Kurang Tidur
Wednesday, 21 September 2016
Tanda-Tanda Kurang Tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan utama setiap manusia di bumi, terutama untuk mereka yang beraktivitas penuh selama seharian. Ketika tidur, seluruh sistem organ tubuh beristirahat. Hal ini dapat mengembalikan kondisi tubuh ke tingkat yang optimal. Itulah kenapa ketika bangun tidur kita merasa lebih segar.

Sebaliknya, ketika kita kurang tidur, tubuh akan dipaksa bekerja sekeras mungkin tanpa berhenti. Akibatnya, penyakit mudah masuk karena organ tubuh terlalu lelah. Keadaan tersebut diperparah dengan menurunnya sistem imunitas dalam tubuh. Maka dari itu, istirahat yang cukup menjadi penting.

Sayangnya, tidak banyak orang paham tanda-tanda kurang tidur sehingga mereka terus-menerus bekerja. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, hal ini juga berdampak pada lingkungan sekitar mereka. Maka dari itu, pahamilah tanda-tanda kurang tidur berikut ini agar Anda mengerti kapan harus berhenti.

Mood yang Labil

Kualitas tidur dan kesehatan jiwa sangatlah berkaitan satu sama lain. Bahkan, pasien dengan kecemasan dan depresi yang berlebihan diawali dengan insomnia kronis. Bila Anda merasa sering marah-marah karena sesuatu hal yang sebenarnya sepele, kemungkinan besar kurang tidur menjadi salah satu penyebabnya.

Produktifitas dan Performa Menurun

Kurang tidur juga mampu memberikan dampak yang buruk pada otak dalam beralasan, fokus, bahkan memilih kata-kata yang tepat untuk mendeskripsikan sesuatu yang sederhana. Hal ini mengakibatkan produktifitas serta performa ketika bekerja menurun. Gejala ini biasa ditandai dengan keadaan sering lupa atau mungkin mudah bingung ketika berbicara dengan orang lain.

Berat Badan Naik

Ketika kurang tidur, Anda bisa saja mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan nafsu makan yang meningkat ketika kurang tidur. Dalam kondisi ini, hormon leptin yang bertugas untuk menekan nafsu makan menurun bersamaan dengan meningkatnya hormon ghrelin, hormon yang merangsang lapar.

Baru-baru ini bahkan ditemukan bukti bahwa ada hubungan kuat antara kurang tidur dengan meningkatnya risiko penyakit diabetes tipe 2. Inilah kenapa banyak dokter yang menyarankan untuk istirahat yang cukup demi menjaga gaya hidup sehat para pasiennya agar terhindar dari risiko diabetes serta obesitas. 

Wajah Terlihat Kusam

Mungkin hal ini bakal mudah disadari ketika Anda bercermin. Mata yang merah dan terlihat bengkak, bawah mata yang gelap, hingga turunnya ujung bibir adalah salah satu tanda yang paling jelas ketika seseorang kurang tidur. Biasanya, tanda ini sering tidak disadari oleh penderitanya. Mereka bahkan baru sadar ketika orang lain melihat dan memberitahu mereka.

Tidak Dapat Mengambil Keputusan yang Baik

Membaca situasi secara akurat dan membuat keputusan yang baik bergantung pada kapasitas otak dalam memproses emosi. Ketika seseorang kurang tidur, bagian otak yang terlibat langsung dengan emosi, prefrontal cortex, akan “tidur”. Hal ini mengakibatkan orang tersebut tidak mampu mengambil keputusan yang baik. Setiap keputusan yang diambil ketika kurang tidur tidak akan berdampak positif. Lebih buruk, hal ini justru akan mencelakai diri sendiri.

Selain itu, orang yang kurang tidur biasanya cenderung berbuat licik. Mereka akan bekerja secara curang dengan mengakui pekerjaan orang sebagai pekerjaannya agar tugas-tugas mereka cepat selesai. Hal ini dikarenakan orang tersebut tidak mampu mengendalikan diri mereka sendiri.

Perasaan Mengantuk Selama Seharian Penuh

Gejala yang satu ini mungkin yang paling sering terjadi ketika kurang tidur. Perasaan mengantuk dan lelah setiap saat menjadi tanda bahwa Anda memang kurang tidur di malam hari. Gejala ini juga ditandai dengan perasaan ingin menguap di setiap 5 menit sekali atau perasaan ingin minum kopi untuk menghilangkan rasa mengantuk.

Mengantuk sendiri merupakan salah satu hal yang paling berbahaya akibat kurang tidur. Di Amerika Serikat, lebih dari 6.000 kecelakaan terjadi akibat mengantuk. Inilah yang menyebabkan kurang tidur jadi sangat berbahaya bagi kehidupan.

 

Itulah tadi beberapa tanda-tanda kurang tidur yang wajib Anda waspadai. Jangan biarkan kurang istirahat mengancam kesehatan Anda dan membuat semua aktivitas seharian menjadi terbengkalai. Jangan lupa untuk mendampingi istirahat yang cukup dengan makan-makanan yang bergizi serta berbuat baik kepada sesama sehingga kebahagiaan sejati dapat Anda raih dengan mudah.

 

Source