Tanda-Tanda Dia Berbohong
Monday, 24 October 2016
Tanda-Tanda Dia Berbohong

Menurut penelitian, bahasa tubuh tidak bisa berbohong. Tanpa lie detector, para ahli bisa mengetahui perbedaan pernyataan yang seseorang utarakan dengan gerak tubuh yang ditunjukkan. Seorang agen FBI yaitu Mark Bouton mengungkapkan ekspresi wajah yang menandakan bahwa orang di depan Anda sedang berbohong.

1. Melirikkan Mata Berulang Kali

Sikap ini adalah reaksi psikologis yang timbul ketika seseorang merasa nggak nyaman dengan pertanyaan yang diajukan. Melirikkan mata ke kiri dan ke kanan secara berulang bisa dianggap sebagai cara dia untuk mencari jalan keluar saat ketakutan.

2. Mengedipkan Mata Berkali-kali dengan Cepat

Menurut Bouton, orang yang merasa stres dan berbohong akan mengedipkan matanya 5 atau 6 kali dalam waktu yang cepat. Namun ada pengecualian bagi penderita Parkinson dan schizophrenia.

3. Menutup Mata Lebih dari Satu Detik

Sikap ini dianggap sebagai bentuk perlindungan ketika seseorang tengah berbohong. Wah, perlu diamati lebih lanjut nih kalau ada orang yang suka memejamkan mata saat mengobrol dengan Anda.

4. Melihat Ke Arah Kanan

Orang yang mengandalkan tangan kanan mereka cenderung melihat ke arah kanan ketika berbohong dan ke arah atas atau kiri untuk mengingat kejadian sesungguhnya. Sedangkan untuk orang kidal, mereka akan melakukan hal yang sebaliknya.

5. Tersenyum Tanpa Ekspresi Mata

Orang yang tengah berbohong atau memberikan senyuman palsu adalah ketika mata mereka tidak ikut terpengaruh dengan gerakan bibirnya. Hal tersebut makin diperkuat ketika kerutan di sekitar mata tidak muncul.

6. Menyentuh Wajah

Bourton menjelaskan bahwa seseorang yang telah berbohong akan merasakan bahwa wajahnya sedikit gatal. Hal tersebut merupakan reaksi kimia yang muncul ketika seseorang mengarang cerita.

7. Mengerucutkan Bibir

Ketika seseorang berbohong, maka dia akan merasa bahwa bibirnya sangat kering. Hal itu juga terjadi ketka seseorang merasa gugup. Maka dari itu, dia akan mengerucutkan bibir untuk mengurangi rasa kering tersebut.

8. Berkeringat Secara Berlebihan

Meski situasinya tidak panas, orang yang gugup terutama karena berbohong akan mengeluarkan keringat dalam jumlah lebih banyak di area leher belakang, dahi dan pipi.

9. Pipi Merona

Untuk perempuan, tanda pipi merona bukan hanya muncul saat merasa malu. Blushing adalah efek yang ditimbulkan ketika sympathetic nervous system memberikan respons terhadap hormon adrenalin yang keluar.

10. Menggelengkan Kepala

Orang yang tengah memberikan pernyataan dan secara refleks menggelengkan kepala, dia tengah menolak pernyataan yang dia ucapkan sendiri. Sebaliknya, orang yang jujur cenderung menganggukkan kepala mereka.

Ayo, mungkin Anda kalau sedang berbohong juga melakukannya, Vlisteners.

 

Source