Berantas Hama di Rumah Anda Dengan Bahan Alami
Monday, 31 October 2016
Berantas Hama di Rumah Anda Dengan Bahan Alami

Hama di rumah terdiri dari rupa-rupa binatang. Antara lain kecoa, nyamuk, tikus, lalat, dan semut. Mana yang paling mengganggu Anda?

Tentu tak ada pengecualian mengingat semuanya berdampak buruk pada kesehatan Anda sekeluarga. Yang menjadi permasalahan, tak semudah itu membasmi hama-hama tersebut. Mereka dengan mudah ditemui di sudut rumah, dapur, kamar mandi, kolong tempat tidur, dan banyak lagi.

Kecoa misalnya, karena mudah beradaptasi, maka hewan ini termasuk sulit diusir di satu tempat saja. Jika cairan serangga saja tak cukup untuk membasminya, maka Anda perlu solusi lebih cerdas ketimbang sekedar mengandalkan bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan anggota keluarga.

Yuk, coba gunakan bahan alami berikut:

1. Usir Kecoa dengan 7 Bahan Berikut

Daun Salam

Daun yang sebenarnya merupakan bumbu dapur ini begitu mudah didapat di pasar dan harganya murah. Tapi, baunya ternyata tidak disukai kecoa.

Cara penggunaannya, cukup taruh daun salam di tempat-tempat yang banyak terdapat kecoa. Kecoa akan dengan sendirinya pergi karena ia tidak suka mencium bau daun salam baik dalam keadaan basah maupun kering.

Untuk hasil lebih maksimal, gunakan daun salam yang sudah kering lalu tumbuk hingga jadi bubuk. Bentuk bubuk akan mengeluarkan bau yang lebih menyengat sehingga kecoak pun tak mau mampir lagi ke tempat-tempat yang dibubuhi bubuk daun salam tersebut.

                                     daun salam

 

Merica

Haluskan lada putih atau merica butir, taruh dalam kain kasa, ikat dengan karet gelang. Buatlah beberapa buah untuk diletakkkan ditempat yang sering menjadi sarang atau sering dilalui kecoa.

Bau yang ditimbulkan akan membuat kecoa merasa tidak nyaman dan akan meninggalkan rumah Anda.

Anda juga dapat menghaluskannya dan dicampur dengan air sampai menjadi pasta. Lalu dioleskan di tempat-tempat yang banyak terdapat kecoak.

 

Mentimun

Potongan mentimun yang dimasukkan ke dalam kaleng aluminium kosong juga dapat menciptakan bau yang dapat membunuh kecoa.

Baking Soda dan Gula

Selain itu, campuran baking soda dan gula yang diletakkan dalam mangkuk dan taburkan di dekat daerah yang dilalui kecoa juga bisa membuat kecoa mati.

                                     Cara basmi kecoak dan tikus dengan bahan alami

 

Bunga Melati

Selain sebagai bahan minyak wangi, bunga melati bisa kita manfaat untuk mengusir kecoa. Iris kecil-kecil bunga melati lalu letakkan di tempat kecoa berada. Harum yang muncul dari bunga melati ternyata memberikan efek berbeda bagi kecoa. Hal ini akan membuat mereka tidak nyaman.

 

Kapur Barus

Bukan cuma mengharumkan lemari dan kamar mandi, kapur barus ternyata juga punya manfaat untuk mengusir kecoa. Letakkan kapur barus di daerah tempat dimana kecoa biasa berkumpul. Bau segarnya akan mengusir kecoa.

 

Sabun Batang

Anda potong kecil-kecil sabun batang, masukkan ke dalam mangkok berisi air. Aduk sampai bercampur dengan air. Selanjutnya letakkan di daerah yang lembab tempat biasanya kecoa bersarang.

 

2. Kulit Telur

Tak banyak yang tahu kulit telur dapat bermanfaat bagi kecantikan maupun kebutuhan rumah tangga lainnya. Untuk mengusir hama, biarkan kulit telur mengering, lalu tumbuh hingga menjadi bubuk. Taburkan segera pada sudut-sudut hama bersarang di dalam maupun bagian luar rumah.

Jenis hama yang bisa diatasi dengan bubuk kulit telur antara lain siput, keong, mollusca, kutu, dan kumbang. Mereka akan langsung menggeliat dan mati dengan segera.

                                        kulit telur

 

3. Usir Lalat dengan Daun Pandan dan Bunga Lavender

Untuk mengusir lalat, iris daun pandan dan bunga lavender lalu masukkan dalam wadah terbuka. Kemudian letakkan di dapur atau ruangan yang banyak terdapat lalat.

Wangi dari campuran keduanya tidak disukai lalat.

 

4. Minyak Serai Anti Nyamuk

Minyak serai jika diteteskan pada air yang digunakan untuk mengepel lantai dapat mengusir nyamuk di rumah. Caranya, campur 10 tetes minyak serai dalam 1 liter air, lalu pel lantai rumah dengan seksama.

 

5. Usir Semut dengan Jeruk Nipis

Caranya adalah dengan membuat perasan jeruk nipis dan campur airnya ke dalam 50cc air. Celupkan kain lap ke dalamnya dan gunakan untuk membersihkan tempat berkumpulnya semut.

 

6. Mengkudu untuk Membasmi Tikus

Siapa mengira manfaat mengkudu ternyata bisa juga untuk mengusir hama menyebalkan seperti tikus?

Caranya adalah dengan memotong-motong buah mengkudu yang sudah masak, letakkan di dalam beberapa wadah lalu tempatkan di sudut-sudut yang sering dilalui tikus atau tempat yang menjadi sarang tikus.

Bau buah mengkudu akan membuat tikus pergi dan tidak akan datang lagi.

 

Source