Olahraga Malam Lebih Menguntungkan Dibanding Pagi Hari
Tuesday, 15 November 2016
Olahraga Malam Lebih Menguntungkan Dibanding Pagi Hari

Kebanyakan orang menyebut olah raga pada pagi hari di akhir pekan sebagai kegiatan rutin dapat membuat semangat hidup bertambah. Rasa lelah sedikit di hari libur pun sering dianggap tak masalah asal suasana hati meningkat. 

Namun untuk sebagian orang lainnya, mencium aroma kopi di pagi hari, atau terkena paparan sinar matahari dari balik jendela adalah hal yang tidak menyenangkan. Tak melulu berarti pemalas, berat mengangkat badan pada hari libur biasanya karena merasa sudah kelelahan pada hari kerja. 

Kalau sudah begitu, olahraga pun seringkali sama sekali tak dilakukan selama dua hari libur di ujung pekan. Padahal, olahraga masih dapat dilakukan pada malam hari. 

National Sleep Foundation di Amerika Serikat menyebut bahwa berolahraga di malam memiliki keuntungan yang lebih banyak dari pada melakukannya di waktu pagi. Berikut efek dari olahraga di malam hari yang dapat mengubah hidup.

1. Tidur malam jadi lebih sempurna
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan angkat beban pada malam hari akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Tidur yang nyenyak di malam hari dapat membuat seseorang merasa lebih baik saat bangun di pagi hari. 

2. Olahraga akan lebih maksimal
Selain membantu tidur lebih baik, beberapa studi juga telah menemukan bahwa berolahraga di malam hari dapat membuat otot tubuh lebih kuat. 

3. Tekanan darah lebih rendah
Sebuah studi yang dicatat dalam Journal of Strength Conditioning Research menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga malam hari, dapat menurunkan 15 persen tekanan darah mereka. 

4. Hasil yang lebih cepat
Sebuah studi dari The New England University of Birmingham menemukan bahwa mereka yang berolahraga di malam hari dapat merasakan manfaat seperti lengan dan kaki yang kuat, otot perut yang lebih kencang, dan hidup yang sehat lebih cepat, dibanding orang-orang yang berolahraga di pagi hari. 

5. Tubuh akan lebih prima saat bekerja
Bukan hanya karena Anda akan mendapatkan pemulihan tubuh yang lebih baik pada saat tidur, namun pembakaran kalori juga lebih banyak. Menurut sebuah riset, level kortisol lebih tinggi di pagi hari dan dapat menghambat pertumbuhan otot. 

 

Source