Bebas Infeksi Walau Memakai Lensa Kontak
Monday, 21 November 2016
Bebas Infeksi Walau Memakai Lensa Kontak

 

Pengguna lensa kontak pasti sudah paham cara menjaga kebersihan mata dan lensa serta jangan menggunakan terlalu lama. Studi terbaru dari NYU Langone Medical Center menemukan jenis-jenis bakteri pada mata pengguna lensa kontak dibandingkan yang tidak memakai. 
 

Untuk penelitian kecil tersebut, ilmuwan mengambil sampel dari mata 20 peserta, sembilan memakai lensa kontak dan 11 bukan pengguna untuk meneliti jenis bakteri. Mereka yang memakai lensa kontak paling tinggi memiliki empat jenis spesies : Lactobacillus, Acinetobacter, Methylobacterium dan Pseudomonas yang ada hubungannya dengan ulkus kornea.
 

"Terdapat peningkatan prevalensi ulkus kornea sejak diperkenalkannya lensa kontak pada tahun 1970-an," kata peneliti Jack Dodick, MD dan profesor ophthalmology di NYU Langone. "Karena organisme itu sepertinya muncul dari kulit, kebersihan perlu lebih diperhatikan pada kelopak mata dan tangan," tambahnya.
 

Bagaimana caranya membuat mata dengan lensa kontak bebas infeksi? Steven Shanbom, MD, ahli mata dari Berkeley, Michigan memberikan tip :

1. Bersihkan tangan diikuti lensa
Pastikan mencuci tangan dengan sabun sebelum memegang lensa kontak. Kemudian bebaskan lensa dari kotoran dan bakteri dengan meletakkannya di telapak tangan lalu diberi cairan pembersih. Gosok cairan itu dengan lembut ke lensa.

2. Mengganti lensa kontak
Menurut Dr. Shanbom, lensa sekali pakai adalah cara untuk mengatasi isu infeksi mata. "Selalu ada bakteri yang masuk ke mata, ketika Anda memakai lensa kontak baru setiap hari," katanya. Jika termasuk orang yang malas membersihkan lensa, paling mudah adalah dengan memakai jenis lensa sekali pakai yang tak perlu dibersihkan.

3. Istirahatkan lensa kontak
Cara terbaik menghindari infeksi mata adalah memakai kacamata, ketika kita harus membatasi paparan mata terhadap lensa kontak. Dr. Shanbom menyarankan, memakai lensa kontak saat bekerja dan memakai kacamata saat di rumah atau di akhir pekan. Lalu, batasi juga pemakaian lensa hanya 12-14 jam sehari.
Jangan pula pernah berenang memakai lensa kontak, karena air kolam banyak mengandung bakteri yang siap menginfeksi.

 

Source