Wanita Punya Ingatan Kuat Dibanding Pria, Hingga Menopause Datang
Monday, 21 November 2016
Wanita Punya Ingatan Kuat Dibanding Pria, Hingga Menopause Datang

Bukan bermaksud membanding-bandingkan, menunjukkan bahwa wanita lebih baik atau bersikap feminis, namun penelitian lah yang mengatakan hal ini. Meski wanita ternyata memiliki ingatan lebih kuat daripada pria, namun tidak lagi ketika wanita mengalami menopause.

Penelitian yang dilakukan di Connors Center for Women’s Health and Gender Biology ini menunjukkan perbandingan otak wanita dan pria, dan bagaimana otak wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami Alzheimer's di banding pria.

Ada 75 persen orang tua memiliki masalah ingatan, dan kebanyakan wanita dilaporkan mengalami penurunan kemampuan ingatan (mudah lupa) saat memasuki dan selama menopause. Dalam penelitian, dilaporkan bahwa wanita punya risiko dua kali lipat lebih besar mengembangkan Alzheimer's dibanding pria.

Pemimpin penelitian Jill Goldstein, PhD, mengatakan bahwa alasan sederhananya karena wanita punya potensi hidup lebih lama dari pria. Namun bukan hanya itu, wanita juga mengalami penurunan hormon estradiol estrogen setelah menopause dan hal ini membuat ingatan wanita menurun.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Menopause ini, menjelaskan bahwa otak wanita akan mengalami penurunan dalam hal menyimpan ingatan jangka pendek, kemampuan berpikir, mengatur dan mengevaluasi informasi.

Untuk mengurangi efek ini, ada baiknya jika wanita mengonsumsi banyak makan sehat dan baik untuk otak sehingga mengurangi efek menopause terhadap ingatan. Banyak melakukan aktivitas fisik, olahraga dan melatih otak untuk tetap menjaga kondisi otak yang sehat.

 

Source