5 Cara Cerdas Sebelum Membeli Rumah
Friday, 02 December 2016
5 Cara Cerdas Sebelum Membeli Rumah

Membeli rumah merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan, terlebih bagi Anda yang sudah berkeluarga. Namun nampaknya, hal ini banyak menjadi kendala bagi para pasangan muda karena tingginya harga rumah dan kurangnya informasi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan selain uang.

Tak perlu khawatir, Kelly White, VP of strategic growth dari Sente Mortgage, akan berbagi tips apa saja hal-hal yang bisa Anda lakukan sebelum pertama kali membeli rumah seperti dilansir dari Pop Sugar. Simak tip nya berikut ini:

  • Melakukan riset secara onlineLayanan online saat ini memberikan kemudahan bagi kita untuk mencari informasi mengenai rumah dijual dengan mudah, termasuk diantaranya harga dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, disitu Anda juga bisa mengetahui kontak agen perumahan atau pemilik langsung rumah yang dijual tersebut.

Couple reading a guide in an ebook

  • Memanfaatkan sosial media. Thanks to social media. Karena melalui sosial media, kita bisa meminta rekomendasi dan saran dari teman atau saudara yang sudah berpengalaman membeli rumah sebelumnya. Cara ini bisa mempermudah proses Anda dalam menemukan rumah yang diidamkan. Dari situ Anda bisa mendapatkan informasi mengenai daerah yang paling pas untuk ditinggali bagi Anda dan keluarga, seperti apa lingkungannya, sekolah dan fasilitas publik apa yang ada di area tersebut, dan sebagainya.
  • Jangan terlalu berpatokan pada besarnya down paymentPenting untuk Anda ketahui, bahwa DP sebesar 20% bukanlah ketentuan mutlak. Mencari informasi lebih lanjut mengenai tata cara pembelian rumah dari pihak bank penyedia kredit dapat membantu Anda mengetahui lebih dalam mengenai sebesar apa kemampuan Anda dan apakah ada opsi lain bagi Anda untuk dapat memiliki rumah sesuai kondisi keuangan Anda. Siapa tahu, tanpa DP 20% pun, Anda masih bisa memiliki rumah.

Family lying on floor and smiling

  • Hindari membeli barang mahal selama proses kredit.Begitu Anda mengajukan pinjaman, hindari membeli sesuatu yang mahal secara kredit. Karena ini dapat memengaruhi persetujuan pinjaman Anda.
  • Bijak membayar tagihan. Biasakan membayar kartu kredit di atas minimum yang ditentukan ya, karena ini juga dapat memengaruhi kesempatan Anda dalam persetujuan KPR. Selain itu, coba kurangi jumlah hutang Anda dan bayarlah tagihan tepat waktu. 

 

 

Source