3 Penyebab Telat Datang Bulan Selain Kehamilan
Thursday, 15 December 2016
3 Penyebab Telat Datang Bulan Selain Kehamilan

Bagi setiap wanita, datang bulan atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang pasti dialami. Tapi, terkadang datang bulan ini suka datang lebih cepat atau terlambat. Kalau datang lebih cepat atau terlambat dalam hitungan hari, ini masih bisa dikatakan suatu hal yang normal. Namun, jika kedatangan tersebut lebih cepat atau terlambat sangat lama, sangat penting bagi Anda untuk memperbaiki pola hidup juga memeriksakan kondisi kesehatan Anda di rumah sakit terdekat. 

Terlambat datang bulan dalam kurun waktu lama, umumnya disebabkan oleh kehamilan. Yap, selama hamil, wanita tak akan mengalami menstruasi atau datang bulan. Hanya saja, selain kehamilan, ada juga penyebab lain kenapa datang bulan tersebut datang terlambat. Ada beberapa penyebab kenapa seorang wanita bisa terlambat datang bulan selain kehamilan. Adapun penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

 

  • Stres

    Penyebab pertama dari terlambat datang bulan selain kehamilan adalah stres atau depresi. Ketika seseorang mengalami stres, hal ini tentunya akan berpengaruh pada hormon di tubuhnya. Perubahan hormon inilah yang nantinya menunda proses ovulasi dan menarik semua hormon pendukung siklus menstruasi yakni estrogen juga progesteron. Karena stres, datang bulan bisa terlambat dalam hitungan hari atau bahkan minggu.

  • Perubahan Berat Badan

    Untuk penyebab kedua dari telatnya datang bulan adalah perubahan berat badan. Bertambahnya juga berkurangnya berat badan bisa menjadi penyebab dari telatnya datang bulan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini terjadi karena dengan berubahnya berat badan, hormon di dalam tubuh pun akan berubah. Lemak dan beberapa organ di dalam tubuh pun tak bekerja dengan maksimal. Sementara itu, lemak dan organ ini berperan penting dalam menjadwal siklus bulanan.

  • Olahraga Terlalu Berat

    Jika Anda memiliki hobi melakukan olahraga yang cukup berat, usahakan agar saat ini tak melakukan olahraga ini lagi. Olahraga yang cukup berat akan berpengaruh besar terhadap siklus bulanan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Sports Health pada tahun 2012 menemukan bahwa sebanyak 66 persen wanita yang sering olahraga berat akan mengalami keterlambatan datang bulan setiap bulannya. Olahraga yang berlebih tak hanya membuat siklus datang bulan telat tetapi juga membuat kesehatan tubuh cukup terganggu.


Itulah beberapa penyebab dari terlambatnya datang bulan selain menstruasi. Oh iya, selain penyebab di atas, penyebab lain yang juga menyebabkan terlambatnya datang bulan antara lain adalah pola makan yang buruk dan masalah tiroid. Ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Semoga, informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk menjaga pola hidup sehat, hindari stres serta jaga berat badan agar datang bulan tak lagi datang terlambat.

 

 

Source