Berbagai Macam Sambal Khas Indonesia
Tuesday, 27 December 2016
Berbagai Macam Sambal Khas Indonesia

Sambal salah adalah makanan pedas yang paling digemari di Indonesia. Tak heran kalau beberapa sambal khas Indonesia selalu menjadi teman makan nasi yang paling ditunggu.

Makanan pedas ternyata memiliki banyak manfaat. Kalau untuk perempuan cocok untuk mengembalikan mood. Cabai merah mampu meningkatkan level endorfin dan serotonin. Keduanya berfungsi untuk menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

Tak ada salahnya mencoba salah satu sambal khas Indonesia di bawah ini. Selain sebagai anti stress, sambal atau makanan pedas ternyata sambal juga bisa berfungsi sebagai antikanker. Jangan lupa siapkan teh hangat sebagai penetralisir rasa panas di lidah Anda.

1. Sambal Kecap

Sambal Khas Indonesia, Teman Makan Nasi Yang Sempurna

Ini adalah sambal khas Indonesia yang ada di seluruh Nusantara. Setiap daerah pastinya memiliki variasi tersendiri. Tapi umumnya sambal kecap terdiri dari bawang merah, kecap manis, dan tentunya cabai. Tidak perlu repot untuk membuat sambal jenis ini, karena tidak ada bumbu yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Komposisi kecap dan sambal memberikan sensasi manis pedas. Jika Anda hanya menikmati kecapnya saja akan terasa rasa manis namun segar. Namun jika Anda tidak sengaja menggigit cabainya, rasa kecap menjadi pemanis di lidah Anda.

Cocok untuk dihidangkan dengan nasi dan lauk pauk yang dibakar, terutama seperti ikan dan ayam bakar.

2. Sambal Korek

1458184samballl2780x390

Berasal dari budaya kuliner khas Jawa Tengah, tepatnya Solo. Sambal ini hanya terdiri dari empat bahan saja, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan garam. Bahan-bahan tersebut dicincang dan dihaluskan menggunakan alu atau ulekan, kemudian diguyur dengan minyak panas sebelum disajikan.

Nama korek secara harafiah berarti mengikis, yang diumpamakan untuk penikmat sambal ini. Mereka akan mengikis sedikit demi sedikit sambal korek. Pasalnya bila dimakan sekaligus banyak akan terasa sangat panas di lidah Anda.

Cocok disajikan dengan nasi berasama lauk pauk seperti bebek atau ayam goreng.

3. Sambal Matah

resep-cara-membuat-sambal-matah-bali-enak-simple-mudah

Sambal Matah adalah jenis sambal Bali yang pedas dan menyegarkan disaat yang sama. Jenis lain dari sambal yang menggunakan bahan-bahan mentah segar, termasuk cabai merah, cabai hijau, bawang merah, dan bahan lainnya.

Sambal ini merupakan salah satu kuliner paling populer dari Bali dan dapat ditemukan di hampir setiap restoran Bali.

Rasa pedas dan menyegarkan yang menjadikan sambal ini digandrungi. Selain itu bahan-bahan yang tidak menyatu memberikan sensasi rasa yang berbeda disetiap kandungannya.

Cocok disajikan dengan nasi, ikan bakar atau seafood.

4. Sambal Roa

Merupakan sambal khas dari tanah Manado, Sulawesi Utara. Keunikan dari sambal ini terdapat dari bahan utama yang terbuat dari ikan. Roa merupakan jenis olahan ikan asap yang berasal dari kawasan utara Manado. Sambal Roa dibuat dari tumisan ikan roa yang dicampur dengan capai.

Banyak yang beranggapan kalau sambal roa sendiri sudah cukup menjadi teman untuk makan nasi karena sudah mengandung ikan di dalamnya.

Sudah banyak yang memproduksi sambal roa untuk dikomersilkan dalam bentuk kaleng atau toples. Namun sambal roa terbaik hanya bisa Anda dapatkan di Manado.

Jenis sambal ini juga cocok untuk dinikmati bersama bubur khas Manado.

5. Sambal Terasi

Sambal Khas Indonesia, Teman Makan Nasi Yang Sempurna

Sambal yang satu ini memiliki varian yang berbeda di sebagian besar daerah di Nusantara. Ada dua versi sambal terasi, sambal terasi mentah dan sambal terasi yang dimasak atau matang. Jenis yang paling terkenal dan memiliki rasa yang paling manis berasal dari Jawa Tengah.

Kombinasi utamanya terdiri dari cabai merah, terasi, bawang merah, bawang putih dan garam. Versi mentah dan segar biasanya lebih pedas dari versi yang dimasak dengan cara ditumis.

Sambal terasi ini merupakan sambal favorit orang Indonesia. Hampir setiap hari di setiap rumah menyediakan sambal jenis ini. Sambal ini dipercaya merupakan jenis dasar dari sebuah sambal.

Cocok untuk disajikan bersama nasi dan lalapan serta beragam lauk pauk.

6. Sambal Dabu-Dabu

Sambal Khas Indonesia, Teman Makan Nasi Yang Sempurna

Satu lagi sambal dengan rasa pedas juga segar. Sambal Dabu-Dabu yang berasal dari Sulawesi Utara ini mirip dengan sambal Matah khas Bali. Bahan baku dan rasanya juga hampir sama. Terbuat dari cincangan kasar tomat hijau, cabe, dan bawang merah, dicampur dengan garam dan jeruk nipis.

Seperti halnya sambal Matah, sambal ini tidak dihaluskan, namun disediakan “mentah dan segar” begitu saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga rasa segar dan alami.

Cocok untuk disajikan dengan nasi, ikan bakar atau seafood.

 

 

Source