Cara Mengatur Dapur Agar Rapi
Tuesday, 03 January 2017
Cara Mengatur Dapur Agar Rapi

AKTIVITAS yang terjadi di dapur memang mustahil membuat dapur akan selalu rapi. Tetapi, ada metode baru yang dapat membantu Anda mengatasi masalah dapur yang berantakan secara lebih efisien.

Seorang ahli tata ruang dan organisir barang asal Jepang, Marie Kondo, membagi tips dan metode tata kelola barang-barang di dapur agar ruang masak ini terjaga kerapihannya. Inilah tips dari wanita yang dikenal dengan nama Konmari tersebut dalam mengelola dapur.

 

Seleksi

Seleksi segala keperluan dapur. Buang barang yang tidak digunakan. Pastikan benda-benda di dapur Anda hanya yang terpakai dan bisa dimakan saja. Letakkan itu pada wadah penyimpanan dan tersusun rapi.

 

Isi kulkas

Jauhkan isi kulkas dari makanan-makan sisa. Pastikan isi kulkas berisi makanan baru dan buah-buahan segar. Jangan membuat kulkas penuh sesak dengan sisa makanan yang tak mungkin dimakan lagi.

 

Alat masak

Anda hanya perlu beberapa alat masak saja. Buang yang tidak digunakan atau alat masak yang dimiliki lebih dari satu namun dengan fungsi yang sama. Seperti, beberapa panci atau tangkai menggoreng. Simpan di dalam lagi dapur dengan pengaturan yang baik.

 

Kontrol

Pastikan semua benda yang ada di dapur benar-benar hanya untuk keperluan dapur. Jangan biarkan ada benda lain yang tak ada hubungannya dengan masak-memasak memenuhi dapur Anda. Kondisi ini sekaligus membuat Anda nyaman berada di dapur.

 

 

Source