10 Makanan Pembangkit Mood
Wednesday, 01 February 2017
10 Makanan Pembangkit Mood

Saat sedang merasa down, mungkin Anda lebih sering merasa malas makan makanan apapun. Padahal hal tersebut justru akan membuat tubuh jatuh sakit. Agar Anda tetap semangat dan mood tetap terjaga, Anda perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti sayur-sayuran dan buah.

Sebuah studi di Amerika Serikat yang dibuat oleh American Journal of Public Health, menemukan bahwa makan buah-buahan dan sayur dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Jadi, seperti yang ditulis dalam laman purewow.com, ada 10 makanan yang secara ilmiah mampu membangkitkan mood Anda setiap hari. Apa sajakah?

1. Daun Bayam
Sayuran hijau kaya akan folat dan vitamin B yang mampu mempengaruhi suasana hati yang dikendalikan dari otak Anda.

2. Sitrus
Beragam buah sitrus seperti jeruk dan lemon yang mengandung asam folat dan vitamin B dapat menjadi mood booster Anda secara instan.

3. Pisang
Ada 3 alasan menambahkan pisang ke dalam smoothie Anda untuk meningkatkan mood. Pertama, kalium yang meningkatkan fungsi otak, B6 meningkatkan serotonin yang menenangkan tubuh dan asam amino yang dapat mengatur suasana hati jadi lebih bahagia.

4. Aneka Buah Beri
Berbagai buah beri seperti stroberi dan blueberry memiliki kandungan karbohidrat yang baik. Selain itu, kandungan glukosa yang terdapat didalamnya pun dapat menurunkan iritabilitas.

5. Ubi Ungu
Ubi ungu memiliki antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan kaya akan yodium sehingga mencegah radang tenggorokan yang dapat merusak mood seharian.

6. Asparagus

Jenis makanan yang satu ini adalah sumber serotonin, folat dan enzim yang dapat menetralisir alkohol pada tubuh.

7. Tomat Ceri
Tomat ceri memiliki kandungan lycopene yang dapat mencegah depresi.

8. Ubi Jalar
Mengandung karbohidrat tinggi dan tentunya lezat yang memiliki efek menenangkan pada tubuh.

9. Alpukat
Kandungan vitamin B dan potasium dapat meningkatkan kadar serotonin, menurunkan tekanan darah serta mampu membuat tubuh Anda lebih relaks.

10. Paprika
Makanan yang satu ini kaya akan vitamin C dan dapat membantu menghentikan produksi hormon penyebab stres. Coba iris beberapa potong paprika dan jadikan sebagai camilan di sore hari.

 

Source