5 RAHASIA KARYAWAN YANG SELALU PULANG TEPAT WAKTU
Wednesday, 22 February 2017
5 RAHASIA KARYAWAN YANG SELALU PULANG TEPAT WAKTU

Ketika Anda masih sibuk di depan komputer pada jam pulang kantor, entah untuk mengerjakan laporan atau mengejar tenggat waktu, rekan kerja Anda yang dikenal punya prestasi cemerlang dalam bekerja sudah siap-siap beranjak dari meja kerjanya. Hal ini bahkan terjadi hampir setiap hari. Melihat situasi tersebut, berbagai pertanyaan dan dugaan mungkin terselip dalam benak Anda. Apa pekerjaan rekan Anda kurang banyak? Tidakkah ia punya loyalitas dan dedikasi? Nah, kenyataannya semua dugaan tersebut belum tentu benar.

Jika Anda sering dibuat heran oleh tipe rekan kerja tersebut, berikut ini Jobplanetungkapkan lima rahasia karyawan yang selalu pulang tepat waktu:

1. Ia mampu mengelola waktu dengan baik

Ketika seorang karyawan selalu bekerja melebihi jam kerja seharusnya, penyebabnya tak selalu karena load kerjanya yang tinggi. Kadang kala ia sendiri yang membuat dirinya lembur setiap hari. Misalnya, dengan menghabiskan sebagian besar waktu kerja untuk mengobrol.

Seorang karyawan bisa pulang tepat waktu apabila ia tahu caranya menyusun skala prioritas. Karena baginya, tak ada alasan membuang-buang waktu kerja untuk hal-hal yang tidak berguna.

2. Ia mengerti cara kerja yang efektif

Memaksakan otak untuk bekerja terlalu lama tidaklah efektif, dan hal ini disadari oleh tipe karyawan ini. Saat jam istirahat, misalnya, seluruh pekerjaan akan ia tinggalkan untuk makan siang dan bersosialisasi. Ia lebih memilih untuk mulai dan berhenti bekerja pada saat yang tepat, daripada membuahkan hasil yang tidak maksimal.

3. Ia menjalani kehidupan yang seimbang

Karyawan yang selalu pulang tepat waktu percaya akan pentingnya work-life balance. Ia sadar bahwa hidup tak melulu soal bekerja. Karenanya, bersosialisasi dengan teman-teman di luar kantor selalu ada dalam agendanya, baik di akhir pekan maupun seusai jam kerja.

Kalaupun tidak pergi hang out sepulang kantor, karyawan ini akan pulang untuk bersantai di rumah, lalu beristirahat. Dengan istirahat yang cukup, tubuhnya akan terasa lebih segar ketika beraktivitas keesokan hari, sehingga pekerjaannya pun tidak terganggu oleh rasa kantuk.

4. Ia punya pekerjaan sampingan

Selain ketiga hal di atas, ada kemungkinan juga seorang karyawan yang tidak pernah lembur punya tanggung jawab terhadap pekerjaan lain. Hal ini menandakan bahwa selain pekerja keras, ia juga patuh pada komitmen. Terbukti, ia selalu berusaha untuk membagi waktu dengan baik, sehingga pekerjaan utamanya tidak terganggu oleh side job-nya.

5. Ia memaksimalkan waktu dengan keluarga

Ketika sudah berkeluarga, komitmen seorang karyawan otomatis bertambah. Ia harus memecah kembali prioritasnya agar bisa memaksimalkan waktu dengan keluarganya. Nah, bisa jadi rekan kerja Anda yang selalu pulang tepat waktu ini hanya percaya, bahwa kehadirannya di rumah lebih dibutuhkan dari sekadar gaji tinggi atau upah yang ia dapat dari hasil lembur.

 

Source