KOMUNIKASI DENGAN PASANGAN, KLISE TAPI PENTING
Wednesday, 22 February 2017
KOMUNIKASI DENGAN PASANGAN, KLISE TAPI PENTING

Memanjakan pasangan bukan berarti harus dengan segala kemewahan yang terbeli dengan materi. Terkadang, hal-hal yang kelihatan sepele ternyata penting dan bisa menjadi perekat hubungan.

Pemain film kenamaan Indonesia, Hamish Daud, mengamini hal tersebut. Ia pun membocorkan rahasia menjaga keharmonisan hubungan ala dirinya.

"Yang penting komunikasi. Kalau nggak sempat telepon, rajin-rajin whatsapp atau video calljuga bisa. Kan nggak mahal, irit pakai internet, tapi pasangan tahu kalau saya perhatian sama dia," ujarnya saat ditemui di Portico, Selasa (31/1/2017) lalu.

Hal yang disampaikan aktor yang dikabarkan sedang menjalin hubungan dengan Raisatersebut bisa jadi benar dan tidak. Maksudnya, seperti yang dikatakan Erica Curtis, seorang terapis hubungan asal Amerika kepada Life Hacker, bahwa komunikasi sebaiknya dilakukan bukan untuk sekadar menghubungkan, namun juga menyampaikan isi hati dan perasaan.

Karenanya, sebelum melakukan komunikasi secara intens, ada baiknya kedua belah pihak mencari cara berkomunikasi yang terbaik menurut versi hubungan mereka.

Komunikasi yang dilakukan dengan cara yang kurang sesuai justru akan membuat pasangan merasa tak nyaman dan membawa hubungan menuju arah yang salah. Beberapa cara berikut ini bisa Anda terapkan untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan pasangan.

Jangan berharap pasangan membaca pikiran Anda

Pasangan Anda bukan cenayang yang dapat mengetahui isi hati dan pikiran Anda. Cobalah untuk selalu mengutarakan apa yang Anda rasakan dan pikirkan kepada pasangan.

Jika Anda belum menikah atau menjalin hubungan jarak jauh dengan pasangan, hal ini bisa menjadi poin penting dalam komunikasi. Ucapkan lah selamat pagi, tanyakan lah kabarnya sekali pun Anda tahu ia baik-baik saja.

Singkirkan rasa ingin menang

Hubungan Anda bukan arena perang atau kompetisi, karenanya tentu tak ada pemilihan siapa yang harus menang dan kalah.

Psych Alive menyarankan, jika sedang dalam situasi yang membuat Anda berdua tak nyaman, kendalikan amarah dan rasa kesal Anda. Janganlah mencoba untuk berbicara dengan intonasi tinggi agar pendapat Anda didengar. Hal tersebut bukanlah jalan terbaik untuk membuat pendapat Anda didengar.

Dengarkan pasangan

Anda bisa memulai percakapan dengan menanyakan terlebih dahulu kabar pasangan Anda. Biarkan ia mengutarakan segala isi hati dan pikirannya. Setelah itu, baru gunakan kesempatan untuk melakukan hal yang sama.

Ungkapkan rasa cinta

Mengungkapkan perasaan bisa dilakukan untuk membuat pasangan tahu apa yang Anda rasakan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengucapkannya.

Carilah waktu yang tepat untuk mengatakannya, misalnya saat malam hari sebelum tidur. Lalu pastikan Anda tak mengatakannya terlalu sering, karena cara tersebut justru akan membuat maknanya kian pudar.

 

Source