Aturan Dua Menit yang Ubah Cara Anda Bekerja
Friday, 07 April 2017
Aturan Dua Menit yang Ubah Cara Anda Bekerja

Stres dapat meningkat dengan mudah apabila pekerjaan kantor menumpuk dan tidak dapat diselesaikan. Bermain layaknya anak kecil kadang dapat membantu otak menjadi lebih rileks. Bagi Anda seorang pekerja kantoran yang merasakan hal tersebut, Anda bisa melakukan permainan ‘aturan dua menit’ yang cukup sederhana untuk dilakukan. Anda hanya perlu menerapkan prinsip ‘lakukan dan yakinlah’.

Misalnya bos meminta Anda untuk menyelesaikan pekerjaan pukul 17.00, padahal menurut Anda itu hal yang mustahil untuk dilakukan karena Anda masih memiliki tugas lain yang juga meunggu untuk diselesaikan. Maka berhenti sejenak dari pekerjaan Anda dan mulailah merilekskan pikiran Anda. Biarkan imajinasi Anda melayang dan berkeliaran. Gunakan waktu dua menit untuk memikirkan bagaimana pekerjaan tersebut dapat diselsaikan.

Permainan “aturan dua menit” ini adalah gagasan dari Andrew D. Wittman, seorang mantan marinis, polisi, agen federal, pelatih ketagguhan mental yang juga penulis buku Ground Zero Leadership

“Jangan pikirkan tidak mungkin dapat selesai. Dengan memikirkannya selama dua menit, otak akan benar-benar dapat memberikan jawaban atas permasalahan Anda dan Anda dapat menyelesaikan tugas Anda pada pukul 17.00 sesuai perintah bos Anda. Ini bukan tentang menyangkal rasa takut tapi cobalah melihat permasalahan dari perspektif yang berbeda” kata Wittman.

Permainan ini bertujuan untuk melawan ketakutan dan kekhawatiran dengan membiarkan emosi memandu perilaku Anda.  Cara ini memberi Anda ruang untuk memproses apa yang akan dilakukan bukan mengakhirinya dengan kepanikan atau kemarahan.

 

Source