Ini Daftar Buah-buahan dan Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan
Wednesday, 03 May 2017
Ini Daftar Buah-buahan dan Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

Semangkuk buah dan sayuran merupakan makanan yang terbaik untuk menunjang kesehatan tubuh. Untuk membuat salad, biasanya ragam buah dan sayur dicampur di dalam satu ke dalam sebuah mangkuk. Tapi mencampurkan beberapa buah-buahan tertentu untuk disantap ternyata tidak baik untuk sistem pencernaan.

Berikut buah-buahan dan sayuran yang sebaiknya tidak dicampur menjadi satu dan disantap sekaligus.

 

​​Melon dengan semangka

Melon sebaiknya tidak digabungkan dengan buah-buahan lain. Buah ini dapat dicerna lebih cepat karena kandungan airnya yang tinggi. Hindari juga mencampur semangka, melon kuning, dan sesama melon.

Buah asam dengan buah manis

Cobalah tidak mencampur buah asam, seperti grapefruits dan stroberi dengan buah manis apel, delima, pisang, atau persik. Mencampurnya dapat meningkatkan rasa mual dan sakit kepala. Ada baiknya Anda mengonsumsi masing-masing buah tersendiri tanpa mencampurnya.

Buah dan sayur

Buah dan sayuran memiliki lama proses cerna yang berbeda. Buah memiliki kecepatan cerna lebih cepat. Buah juga mengandung gula yang lebih banyak, sehingga dapat menghambat proses pencernaan sayuran.

Tepung dan protein tinggi

Pisang hijau dan pisang raja merupakan buah yang mengandung banyak tepung. Adapun makanan yang mengandung tepung, seperti jagung, kentang, kacang tunggang, kacang polong, dan chestnut. Sebaiknya, Anda tidak mencampur buah-buahan dan makanan di atas dengan sayuran berprotein tinggi, misalnya brokoli, kismis, jambu, dan bayam. Pasalnya, tubuh membutuhkan asam untuk mencerna protein dan basa alkali untuk mencerna pati.

 

Source