Tips Mendiskusikan Masalah Keuangan dengan Suami
Friday, 12 May 2017
Tips Mendiskusikan Masalah Keuangan dengan Suami

Berkomunikasi dengan pasangan tidak selalu mudah. Apalagi jika menyangkut topik sensitif seperti keuangan. Tak jarang istri merasa khawatir ketika ingin mendiskusikannya karena takut suami kesal atau marah. Apalagi jika yang ingin dibicarakan adalah perihal uang bulanan yang kurang karena Anda boros dalam berbelanja. Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk mendiskusikannya?

Menurut Ratih Ibrahim selaku Psikolog anak dan keluarga, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membangun suasana hangat dan nyaman. Misalnya dengan bersantai dan mencari momen di mana mood suami sedang baik. Kemudian jelaskanlah permasalahan keuangan yang terjadi dan minta maaf.

"Kalau memang kamu salah kuncinya harus tahu diri, harus stop (pemborosan), terus dihitung bagaimana suami bisa membayar kompensasi itu. Jangan mengeluh 'Ya mau gimana dong aku kan nggak tau kok bisa habis uangnya,'. Itu sama saja menyalahkan suami. Sebaiknya, 'Pah maafin mama ya,' gitu," ujar Ratih.

Jika suami marah, istri juga harus menanggung konsekuensi dari kesalahan yang telah dibuatnya. Dan yang paling penting adalah menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran agar lebih mengontrol diri dan keuangan ke depannya. Salah satu kendali diri yang dapat dilakukan adalah dengan menabung.

"Kalau istri nggak kerja berarti dia harus tahu diri jumlah yang ia terima itu adalah jumlah yang memang terbatas. Suaminya adalah satu-satunya pencari nafkah, di situ berarti dia punya tanggung jawab untuk mengatur keuangan sedemikian rupa sehingga harus pas. Kalau dia mau ekstra berarti harus mampu mengatur dengan adanya selisih yang bisa ditabung. Sama saja ketika istri bekerja meskipun sedikit hasilnya tetap harus mengatur keuangannya," jelas Ratih.

 

Source