5 Kurma Paling Populer di Arab Saudi
Thursday, 08 June 2017
5 Kurma Paling Populer di Arab Saudi

Di Bulan Ramadan ini, kurma mendadak menjadi makanan yang wajib disediakan saat sahur maupun berbuka. Selain karena sunnah, kurma juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Namun demikian, masih banyak yang belum mengetahui bahwa buah asli Timur Tengah ini memiliki beragam jenis. Daripada penasaran, berikut beberapa jenis kurma yang mungkin belum Anda ketahui.

Khudri

 

Kurma jenis Khudri memiliki warna cokelat pekat, bercita rasa manis, dengan tekstur kering. Meski kulitnya cenderung berkerut, namun kurma jenis inilah yang menjadi salah komoditas ekspor terbesar Arab Saudi, karena dijual dengan harga terjangkau. Selain itu, Khudri juga dipercaya ampuh untuk mengembalikan stamina tubuh yang terkuras.

Sukkari

 

Bagi pencinta makanan manis, kurma yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Sukkari memiliki cita rasa manis yang cukup kuat dibandingkan jenis kurma lainnya. Selain baik untuk kesehatan, kurma ini juga ampuh menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi, dan juga membantu menghilangkan rasa lelah.

Zahidi

 

Berbeda dengan jenis kurma lainnya, Zahidi berbentuk oval. Tekstur kulitnya pun terbilang tebal dengan sensasi rasa manis yang tidak terlalu kuat. Kendai demikian, kurma jenis ini mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi di saat bulan Ramadan.

Mejdool

 

Kurma yang satu ini juga dikenal dengan sebutan "Ratu Kurma". Ia memiliki bentuk yang cukup besar, bertekstur empuk, dan bercita rasa manis. Kurma ini sangat populer di kawasan Amerika dan sering diolah menjadi milkshake ataupun smoothie.

Kholas

 

Terakhir ada Kholas. Kurma ini memiliki cita rasa seperti karamel. Teksturnya sedikit lengket dan sering dikonsumsi bersama kopi khas Arab. Kholas berasal dari wilayah Al Qaseem dan Al Kharj, Arab Saudi.

 

Source