Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi saat Sahur dan Berbuka Puasa
Thursday, 08 June 2017
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi saat Sahur dan Berbuka Puasa

Selama bulan Ramadan, Anda harus benar-benar memilih makanan karena makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh pada tingkat energi. Maka dari itu, Anda harus mengendalikan diri agar tidak mudah tergoda dengan makanan maupun yang tidak baik bagi tubuh.

Rahma Ali, ahli diet klinis di Burjeel Hospital Abu Dhabi mengatakan bahwa makanan berbuka dan sahur harus seimbang seperti sayuran, sereal, daging, produk susu dan buah. "Puasa selama bulan Ramadhan dapat memperbaiki kesehatan seseorang, tapi bila dilakukan dengan cara yang benar. Jika tidak, itu bisa lebih berbahaya bagi tubuh,” kata Ali.

Untuk mengontrol diri saat melihat makanan enak, ingatkan diri Anda bahwa bulan Ramadan adalah bulan untuk meraih keuntungan dan meningkatkan hubungan spiritual. Saat sahur, Anda harus makan-makanan yang sehat agar tubuh bisa menyediakan energi yang cukup untuk bertahan selama berjam-jam puasa. Selain itu, makanan yang dipilih juga harus membuat Anda terhidrasi dengan baik.

Walaupun memilih makanan saat sahur itu penting, Anda tidak bisa menyepelekan makanan saat berbuka begitu saja. Maka dari itu, diet seimbang pada bulan puasa penting untuk memastikan kebutuhan nutrisi untuk tubuh terpenuhi, termasuk sodium dan potassium yang hilang karena berkeringat.

Inilah beberapa saran yang bisa Anda ikuti untuk menu sahur dan berbuka puasa.

Menu Buka Puasa

Makanan yang disarankan untuk berbuka puasa adalah buah yang kaya akan kalium. Kalium sangat penting untuk sistem di dalam tubuh. Konsumsi juga makanan-makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kacang-kacangan, sayuran hijau gelap, kentang, squash, yogurt, alpukat, jamur, dan pisang. Memakan kurma juga bisa membangkitkan energi karena merupakan sumber potassium.

Tubuh Anda juga memerlukan cairan yang cukup ketika berbuka puasa. Minumlah sebanyak mungkin air atau jus buah untuk menghindari dehidrasi. Memakan sayuran seperti timun, selada, atau sayuran lain yang mengandung serat dan air yang tinggi juga bisa mencegah tubuh terkena dehidrasi. Untuk memenuhi kebutuhan lemak pada tubuh, Anda bisa mengonsumsi kacang almond.

Menu Sahur

Saat sahur, Anda bisa menyantap makanan kaya protein seperti telur. Makanan dengan protein tinggi bisa membantu tubuh tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Makanan kaya serat seperti oatmeal juga baik dikonsumsi saat sahur karena serat yang larut akan berubah menjadi gel dan memperlambat pencernaan yang membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dan glukosa.

Pilih juga makanan kaya kalsium dan vitamin seperti usu, smoothie yoghurt, atau milkshake vanili dan madu untuk menjaga perut tetap kenyang dan tubuh terhidrasi sepanjang hari.

 

Source