Tip Hemat Belanja Kebutuhan Lebaran
Friday, 09 June 2017
Tip Hemat Belanja Kebutuhan Lebaran

Pastikan Anda membuat daftar pengeluaran untuk persiapan lebaran berikut ini sebelum alokasi dana tunjangan hari raya terpakai untuk alokasi lain, ya!

1. Mudik
Baik dengan kendaraan pribadi atau umum, keduanya membutuhkan alokasi dana yang tidak sedikit; apalagi jika Anda berencana mengajak serta seluruh anggota keluarga dan asisten rumah tangga.
Tip: Mengingat masih banyak keperluan yang harus dipersiapkan, pilihan schedule airline di jam – jam tertentu seperti pagi/malam hari dengan budget yang lebih hemat dapat dipertimbangkan! 

2. Angpau & Oleh – oleh
Tidak dapat diprediksi jumlah budget yang harus dipersiapkan, namun mamas dapat menyesuaikan dana anggaran untuk keduanya sesuai dengan kemampuan.
Tip: Bagi rata jumlah dana angpau untuk anak – anak segala usia dengan jumlah yang sudah Anda serta pasangan sepakati untuk menghemat pengeluaran.

3. Sajian lebaran
Momen penting silaturahmi tentu tidak akan Anda lewatkan ya. Pilih dan sepakati jumlah menu sajian khas lebaran yang jarang dikonsumsi dan menjadi favorit seluruh anggota keluarga untuk memperkirakan jumlah budget yang dibutuhkan.
Tip: Sekalipun kepuasan rasa bergantung pada koki masak, Anda juga bisa mempertimbangkan jasa katering makanan untuk menyiapkan sajiannya, lho. Tidak melulu mahal, jika harus dikonversikan dengan waktu masaknya, bisa jadi harga yang tertera akan worth it untuk dipilih.

4. Baju Lebaran
Ingin tampil kompak saat momen lebaran atau memanfaaatkan baju lama yang sudah pernah digunakan, tentu menjadi pilihan tersendiri bagi Anda dan keluarga. Memanfaatkan momen belanja saat promo diskon berlangsung bisa menjadi pilihan cermat untuk berhemat.
Tip: Promosi free delivery yang sedang dilakukan oleh pihak fashion online shop bisa jadi pilihan smart bagi Anda yang ingin berbelanja kebutuhan baju lebaran. Tapi ingat, setelah berbelanja & tercukupi kebutuhannya, pastikan Anda tidak lagi menambah daftar belanja terutama saat menelusuri akun fashion store di media sosial, ya!

5. Dana Darurat
Baik untuk dipergunakan selama perjalanan mudik atau setelah momen lebaran usai, pastikan Anda mengalokasikan budget ini sebesar minimal 30% dari dana keseluruhan untuk kebutuhan tak terduga.
Tip: Pisahkan budget ini pada rekening yang berbeda untuk menghindari penggunaan tidak tepat sasaran. Serta, pisahkan dana THR dan gaji bulanan Anda untuk menghindari defisit budget.

 

Source