Beri Anak Adopsi Pemahaman Saat Usia Ini
Wednesday, 12 July 2017
Beri Anak Adopsi Pemahaman Saat Usia Ini

Konsep keluarga idealnya terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Namun, tidak semua orangtua dikaruniai anak. Oleh sebab itu mereka mengambil anak adopsi untuk diasuh sebagai anak sendiri.

Memelihara anak adopsi bukan hal mudah. Suatu hari mungkin anak akan tahu bahwa dia bukanlah anak kandung. Lalu, bagaimana menjelaskan jika suatu saat anak bertanya?

Menurut Psikolog Klinis, Arrudina Puspita Dewi, sebelum memberitahu anak bahwa ia merupakan anak adopsi, anak perlu memahami konsep keluarga terlebih dahulu.

"Biasanya saat anak berusia 2 tahun, ia sudah bisa diajarkan untuk memahami bahwa di dalam suatu keluarga terdapat ayah, ibu, kakak, adik, dan dalam lingkup lebih besarnya lagi terdapat om/paman, tante/bibi, kakek dan nenek," jelasnya

Ia melanjutkan, saat berusia 3-5 tahun, anak mulai dapat diberitahu mengenai adopsi melalui media dongeng, buku cerita bergambar, maupun film kartun yang tokoh utamanya merupakan anak adopsi (Tarzan, Mowgli di Jungle Book, dll) meski anak belum bisa benar-benar memahami apa itu adopsi.

"Pemahamannya hanya sebatas bahwa tokoh-tokoh dari cerita dongeng yang dibacanya, tidak tinggal bersama orangtua kandung mereka karena suatu kondisi tertentu," sambung wanita lulusan Universitas Padjajaran ini.

Di usia 6-7 tahun, anak sudah lebih bisa memahami tentang dunia sekitarnya, dan di usia ini anak sudah bisa diberitahu bahwa ia merupakan anak adopsi.

 

Source