RED HOT CHILI PEPPERS KURANGI JADWAL TUR KARENA FAKTOR USIA?
Thursday, 13 July 2017
RED HOT CHILI PEPPERS KURANGI JADWAL TUR KARENA FAKTOR USIA?

Red Hot Chili Peppers (RHCP) adalah salah satu band yang masih aktif di blantika musik internasional meskipun berkali-kali ganti personel. Dalam beberapa tahun belakangan, mereka pun aktif menggelar konser di seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, bertambah pula usia para personel mereka. Tiga di antaranya, yaitu Anthony Kiedis (vokal), Michael “Flea” Balzary (bass) dan Chad Smith (drum) telah berusia 54 tahun. Sementara, gitaris mereka, Josh Klinghoffer yang menggantikan John Frusciante pada 2009 adalah yang paling muda di antara mereka. Dia masih berusia 37 tahun.

Bertambahnya usia ini membuat ketiga orang itu kesulitan saat harus tampil live dari satu panggung ke panggung lain. Baik Anthony, Chad dan Flea pun sadar bahwa mereka tak lagi sebugar ketika masih muda.

Menurut Chad, mereka kini mempertimbangkan untuk mengurangi jadwal tur keliling dunia mereka. Pertimbangan itu berawal dari sebuah obrolan antara dirinya dengan Flea ketika berada di dalam van usai menggelar sebuah konser.

“Menurutmu, berapa lagi kita harus seperti ini? Menurutmu, bagaimana kita harus mengakhirinya?” tanya Flea seperti ditirukan Chad saat diwawancarai SiriusXM.

Ditanyai seperti itu, Chad menjawab bahwa dirinya pun tak tahu. Dia masih ingin membuat album rekaman.

“Tapi untuk bagian tur, saya tak tahu apa kita masih bisa melanjutkannya. Maksudnya, tiga dari kami berusia 54 tahun—Anthony, saya dan Flea. Josh masih muda. Tapi, saya tidak tahu apa kami bisa melanjutkan tur panjang—setahun, satu setengah tahun biasanya. Itu adalah pertanyaan yang bagus,” papar Chad.

Menurut Chad, pada album berikutnya, Red Hot Chili Peppers bisa saja mengadopsi jadwal mirip seperti Metallica. Band pengusung aliran thrash metal itu membatasi diri mereka untuk menggelar sekitar 50 show saja dalam setahun.

Selain karena usia, banyak perubahan pada para personel Red Hot Chili Peppers dalam beberapa tahun belakangan ini. Sejumlah personelnya telah punya keluarga untuk diurusi dan tidak suka terlalu lama jauh-jauh dari anak-anak mereka.

“Kami semua punya keluarga dan hal-hal berbeda, prioritas kalian berubah sedikit. Kalian seperti melihat apa yang akan berjalan pada kalian mungkin tidak bisa berjalan untuk band lain. Tapi sekali lagi, kami sangat bersyukur karena orang-orang mau datang dan melihat kami beraksi dan kami suka tampil. Saya tidak tahu bagaimana itu nanti di masa depan,” tutur Chad.

Red Hot Chili Peppers saat ini sedang menggelar tur untuk mendukung album ke-11 mereka, The Getaway. Album itu diluncurkan pada Juni 2016 dan nangkring di posisi 2 tangga album Billboard 200.

 

Source