Ucapan Orangtua Ini Justru Mengajarkan Anak Jadi Pembohong!
Monday, 31 July 2017
Ucapan Orangtua Ini Justru Mengajarkan Anak Jadi Pembohong!

Tanpa disadari orangtua telah berbohong kepada anak-anaknya setiap hari. Mungkin bagi orangtua itu bukan kebohongan, mereka menyamarkannya dengan istilah ‘trik’. Tapi, jika terus dilakukan perlahan orangtua mengajarkan anak berbohong juga.

Anak-anak akan berpikir tidak apa-apa berbohong, karena ayah dan ibu juga berbohong. Meski orangtua tidak ingin itu dilakukan kepada anak, kenyataannya mereka sudah membuat buah hatinya terluka. Ayo moms, berhentilah menjadi pendusta untuk anak-anak sendiri.

Berhati-hati dalam membesarkan anak, bersikaplah jujur karena itu lebih baik. Agar tidak terperdaya, berikut kata-kata bohong yang kerap diucapkan orangtua tanpa mereka sadari.

"Ibu tidak akan membiarkan hal buruk terjadi padamu."

Ini mungkin niat orangtua, tapi tidak mungkin orangtua bisa melindungi anak 100 persen setiap waktu. Sebagai gantinya, gunakan kata-kata yang benar. Bingkai kalimat agar anak merasa terlindungi namun buat mereka sadar bahwa bahaya di mana-mana itu nyata. Misalnya, “Ibu akan selalu berusaha melindungimu nak, tapi ada orang-orang jahat di luar sana, jadi karena itulah ibu tidak ingin kamu berkeliaran, jauh dari ibu di toko, karena ada anak-anak yang diambil dari keluarga dan ayah mereka. Ibu melindungimu, tapi jika kamu memaksa pergi, maka itu akan membahayakan diri". Nah, kalimat ini mungkin menakutkan, tapi juga kenyataan yang benar. Anda tidak ingin menimbulkan kecemasan yang tidak semestinya, jadi pilihlah kata-kata dengan saksama. Biarkan mereka tahu sehingga mereka berhati-hati terhadap orang asing saat di tempat umum.

"Taman ditutup."

Anda tahu betul taman dibuka, tapi Anda tidak punya waktu untuk membawa anak-anak ke taman karena harus mengerjakan tugas. Alih-alih berbohong, jujurlah. "Ibu tidak bisa mengantarmu ke taman hari ini karena kita harus membeli bahan makanan selama seminggu agar kita bisa makan dan ada beberapa tugas penting lainnya yang harus dilakukan hari ini." Mereka mungkin merengek dan mengeluh, tapi tidak apa, Mereka akan belajar kenyataan hidup adalah mereka tidak dapat memiliki semua yang mereka inginkan sepanjang waktu. Mengatakan kebenaran juga membantu membuat Anda menjadi orangtua jujur ​​dan bukan pembohong, karena pada akhirnya mereka akan besar dan menyadari bahwa orantua berbohong tentang taman yang ditutup.

"Tidak ada salahnya berbohong demi kebaikan."

Anak perlu mendapat suntikan dari dokter, tapi mereka menjerit dan Anda ingin teriakan itu berhenti sehingga mereka bisa disuntik. Namun, anak akan lebih menjerit karena mereka tahu orangtuanya berbohong. Anda bilang tidak akan sakit saat pertama kali disuntik. Akhirnya anak kesakitan setelah disuntik. Jangan bohong, biarkan mereka tahu itu akan menjadi pukulan kecil, sedikit sakit, tapi kemudian berakhir dan mereka akan sembuh. Jelaskan bahwa mereka membutuhkan suntikan, untuk alasan kesehatan apa pun. Jangan menjadi pendusta. Anak akan mengira orangtuanya jahat. Kenyataannya adalah suntikan itu menyakitkan, tapi rasa sakitnya akan hilang, jadi katakana tentang kebenaran.

 

Source