5 Cara Jitu Atasi Rasa Bosan di Tempat Kerja
Friday, 04 August 2017
5 Cara Jitu Atasi Rasa Bosan di Tempat Kerja

Bukan hal yang tabu jika kita mudah merasa bosan ketika sedang berada di kantor. Bagaimana tidak? Pasalnya kita lebih banyak menghabiskan waktu di luar atau bekerja dibanding di rumah berkumpul bersama keluarga. Saking seringnya berada di suasana yang itu-itu saja, akibatnya kita akan mudah merasa bosan, betul? Jika ya, cobalah untuk melakukan beberapa hal ini:

Cari Teman Baru

Semua manusia butuh teman untuk diajak bicara, berbagi kisah, dan juga dukungan moral. Tak harus teman dekat, jadi jangan terlalu pilih-pilih teman. Sebab, orang yang menyenangkan bisa jadi teman yang baik di kantor.  Tetapi cobalah juga untuk mencari lebih banyak teman dekat di luar kantor.          

Meditasi

Untuk melakukan hal ini, cobalah untuk fokus bernapas sekitar 1-2 menit. Bila pikiran berkelana, kembalikan untuk konsentrasi pada alur napas yang melewati hidung. Mindfulness adalah upaya untuk lebih berkonsentrasi pada keadaan sekarang tanpa mencoba menghakimi apa pun.

Pilih Prioritas

Buatlah prioritas pekerjaan. Mengerjakan beragam pekerjaan di saat bersamaan secara terus menerus bisa mengakibatkan kelelahan (burnout). Karenanya, cobalah untuk membuat prioritas pekerjaan dalam sehari agar setiap pekerjaan mendapat perhatian penuh dan bisa terselesaikan dengan baik.

Perbanyak Istirahat

Otak manusia akan mengalami kelelahan setelah berkali-kali ditempa stres, seperti otot yang dipaksa kerja tanpa henti. Sebuah studi mengatakan, rasio ideal kerja dan istirahat manusia adalah 52 menit bekerja diikuti 17 menit beristirahat, dan terus berulang. Bisa jadi rumus ini tidak bisa dilakukan semua pekerja. Namun, ide besarnya adalah untuk memberikan waktu otak untuk beristirahat beberapa kali dalam sehari.

Olahraga

Tahukah Anda bahwa kurangnya kegiatan olahraga bisa mengakibatkan masalah mental. Meski olahraga terasa begitu melelahkan, tetapi kesudahannya Anda akan merasa lebih baik. Olahraga juga dipercaya dapat mengurangi rasa cemas yang berlebihan, lho. 

 

Source