Waspadai Bahan Masakan Ini Punya Tanggal Kadaluwarsa
Friday, 04 August 2017
Waspadai Bahan Masakan Ini Punya Tanggal Kadaluwarsa

Meskipun kita telah menyimpan berbagai sisa bahan makanan ke dalam kulkas atau wadah yang aman agar tak berjamur. Namun terkadang kita lupa bahwa bahan-bahan tersebut memiliki tanggal kadaluwarsa. Maksud kita untuk menggunakannya di lain kali. 

Namun kita malah mendapati bahan masakan tersebut telah busuk karena kita lupa memperhatikan tanggal kadaluwarsanya. Padahal, tentu saja bahan makanan yang sudah rusak tersebut bila dikonsumsi akan berbahaya dan bisa mengganggu kesehatan kita.

Makanan yang mengalami kerusakan atau telah kadaluwarsa sendiri biasanya ditandai dengan perubahan-perubahan, misalnya kerusakan fisik, kimia, atau enzimatis. Berikut adalah 5 jenis bahan makanan yang memiliki tanggal kadaluwarsa dan bisa kita lihat perubahannya.

Minyak Goreng

Minyak goreng yang jernih memiliki warna kuning bening dan aroma yang khas. Namun bila sudah berubah warna menjadi lebih keruh dan berbau tengik, berarti minyak goreng tersebut telah rusak. Supaya lebih awet disimpan, letakkan minyak goreng dalam botol yang tertutup rapat dan simpan di tempat yang kering.

Minyak Zaitun

Seperti minyak goreng, minyak zaitun juga memiliki tanggal kadaluwarsa dan manfaatnya akan hilang. Minyak zaitun yang sudah dibuka segelnya akan bertahan setidaknya enam bulan saja. Agar tak cepat rusak, simpan minyak zaitun dalam botol kecil sehingga tidak memberi ruang untuk oksigen terlalu banyak.

Margarin

Margarin yang bagus tidak terlalu padat namun juga tak terlalu lembek, bisa ketahui saat kita mengoleskannya pada roti. Bila mudah merata, maka margarin masih baik. Selain itu, bisa juga dengan memanaskannya di atas api sedang, margarin berkualitas akan meleleh sempurna. Sedangkan yang rusak akan memerlukan waktu cukup lama untuk mencair. Agar kualitasnya terjaga, simpan margarin dalam wadah kedap udara dan letakkan di kulkas. Diamkan beberapa saat setelah dikeluarkan dari kulkas ketika akan menggunakannya kembali.

Tepung

Tepung yang sudah rusak akan berbau apek, lembap, berkutu, menggumpal, dan warnanya menjadi kusam. Meskipun tanggal kadaluwarsa yang tercantum masih lama, namun bila kita menyimpan tepung dengan cara yang salah maka akan mempercepat kerusakannya. Lebih baik simpan tepung dalam wadah tertutup rapat dalam freezer setelah kemasannya dibuka.

Kismis

Kismis yang berkualitas berwarna lebih hitam pekat, lembap, dan tidak tahan disimpan lama. Selain itu, berbentuk bundar, tebal, berdaging, dan bersih. Kismis yang berwarna merah pada olahan kue bisa menimbulkan rasa terlalu asam dan merusak rasa kue. Sebaiknya, simpan kismis dalam plastik yang terikat rapat dan pastikan tak ada udara yang masuk, lalu letakkan dalam kulkas agar lebih awet.

 

Source