Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Saturday, 05 August 2017
Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Umumnya, masalah anak susah makan muncul ketika ia memasuki usia tahun pertama dan balita. Khawatir akan cukup atau tidaknya kebutuhan gizi untuk anak jadi masalah yang sangat krusial jika hal itu terjadi pada anak kita. Apalagi si anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.

Nah untuk mengatasinya, berikut 5 cara yang perlu kita lakukan agar anak tak lagi sulit untuk makan.

1. Jangan Memaksa

Biasanya orangtua kerap memaksa anak yang tau makan dengan berbagai cara, seperti mengancam. Hal itulah yang justru membuat anak semakin tak mau makan, lho. Cobalah untuk memberikan pengertian kepada buah hati, membujuk jadi cara yang terbaik. Tapi ingat, membujuk bukan berarti kita orangtua mengiming-iminginya dengan sesuatu. Misalnya dengan menjanjikan sesuatu yang belum tentu bisa kita tepati.

2. Makanan Baru

Variasi menu dalam makanan juga bisa jadi faktor anak tak mau makan. Maka orangtua dituntut harus lebih kreatif dalam menyiapkan menu makanan bagi si buah hati. Cobalah untuk bereskperimen dengan menu-menu baru yang mungkin belum pernah kita berikan kepada anak. Cara ini juga bisa memberikan pelajaran terhadap anak mengenai makanan apa yang dia sukai dan tidak disukai.

3. Porsi Kecil

Tak perlu terpaku menyajikan makanan dalam porsi lengkap yang terdiri atas nasi, lauk, dan sayur. Cukup berikan anak menu makanan dengan porsi sedikit. Karena tujuan utamanya bukan seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam tubuhnya, melainkan seberapa banyak gizi yang ia butuhkan dan telah terpenuhi. Porsi makanan yang banyak justru akan membuatnya merasa terintimidasi, seperti seolah-olah 'dipaksa' untuk menghabiskannya.

4. Libatkan Anak

Sering-seringlah mengajak anak mulai dari berbelanja hingga saat kita membuat makanan. Biarkan anak memilih makanan yang disukainya. Ajarkan anak kita tentang gizi dan jenis makanan yang baik. Waktu makan keluarga adalah cara yang tepat dan menyenangkan.

5. Alat Makan Khusus

Selain berpatokan dengan jenis makanan yang kita berikan pada anak, cobalah untuk memberikan suasana yang nyaman bagi anak. Seperti sambil bermain, atau mengerjakan sesuatu yang memang anak sukai. Selain itu, perhatikan wadah tempat kita menaruh makanannya. Hal apakah yang biasanya anak sukai, seperti tokoh kartun, binatang atau hal lainnya.

 

Source