Agar Anak Tak Hobi Jajan, Orang Tua Perlu Lakukan Ini
Tuesday, 15 August 2017
Agar Anak Tak Hobi Jajan, Orang Tua Perlu Lakukan Ini

Menjadi orangtua memang akan selalu dihadapkan dengan berbagai fase yang membutuhkahkan kesabaran ekstra untuk menghadapi perubahan sikap dan perilaku anak. Termasuk kebiasan-kebiasan kurang baik yang bisa saja terjadi dalam masa tumbuh kembang buah hati, salah satunya adalah kebiasaan anak yang lebih suka jajan di luar ketimbang menikmati makanan yang tersedia di rumah.

Pada dasarnya kesukaan anak terhadap beraneka ragam jajanan adalah hal yang wajar. Hanya saja kita juga perlu membatasi agar kesukaan anak pada jajanan tidak berlebihan. Meski untuk mencegah anak yang suka jajan di luar juga tidaklah mudah, apalagi bila hal itu telah terpola cukup lama. Dibutuhkan ekstra kesabaran untuk memberinya pengertian. Orangtua yang sudah mengerti tentang bahayanya jajan sembarangan juga harus mengajarkan dan mengingatkan kepada orang-orang di sekeliling anak agar tidak membiasakan si kecil untuk jajan. Lalu apa saja harus dilakukan orangtua untuk mengurangi kebiasaan anak yang sering jajan di luar?

PASTIKAN ANAK TELAH MAKAN CUKUP, BIASAKAN JUGA UNTUK MEMBAWA BEKAL DARI RUMAH

Orang yang sudah merasa kenyang karena porsi makan yang sudah terpenuhi dengan baik tidak akan berniat membeli makanan di luar lagi, begitu pula yang terjadi pada anak. Meskipun memiliki uang jajan, jika dia mendapat makanan yang cukup dari rumah maka uang yang dimilikinya tidak akan selalu digunakan untuk membeli jajan. Selain itu jika kegiatan yang harus dia lakukan membuatnyanya tidak berada di rumah dalam jangka waktu yang lama, saat sekolah misalnya, anda bisa menyiapkan bekal untuk anak. Selain mengurangi kebiasaan jajan di luar, memberi bekal juga membuat orangtua merasa tenang karena si kecil sudah pasti mengonsumsi makanan yang sehat dan aman.

PASTIKAN BAHWA UANG SAKU YANG ANDA BERIKAN TIDAK TERLALU BANYAK, JIKA BERLEBIH ARAHKAN ANAK UNTUK MENABUNG

Hindari untuk memberikan uang saku terlalu banyak pada anak, karna kebiasaan ini dapat membuat anak jajan berlebihan. Ia merasa bahwa uang yang dimilikinya selalu cukup untuk membeli jajanan manapun yang dia suka. Akan lebih baik bila anda melatih buah hati agar selalu menyisihkan sebagian dari uang saku miliknya untuk ditabung. Hal ini akan membuatnya terbiasa berhemat dan menabung, sehingga mampu menahan diri untuk tak lagi lagi menggunakan uangnya untuk jajan.

PERHATIKAN MAKANAN KESUKAANNYA, COBALAH UNTUK MEMBUATNYA DI RUMAH!

Ketika anak lebih memilih untuk makan jajanan di luar dibandingkan makanan yang tersedia di rumah bisa jadi makanan yang anda sediakan tidak disukai olehnya. Cobalah untuk lebih memerhatikan apa saja makanan yang menjadi kesukaannya, dengan begitu kita bisa menyediakan makanan yang menjadi favoritnya. Buatlah semenarik mungkin agar anak lebih tertarik dengan makanan yang tersedia di rumah agar kebiasaan jajannya jadi berkurang. Anda juga bisa belajar tentang bagaimana menyajikan makanan dengan tampilan menarik dan cita rasa lezat agar anak lebih memilih masakan rumah.

BERIKAN PENGERTIAN TENTANG BAHAYA DARI JAJAN SEMBARANGAN

Cobalah untuk mengenalkan pengetahuan dasar tentang beberapa zat berbahaya yang biasa digunakan pada jajanan yang dibelinya di luar. Berikan beberapa cotoh gambar dan warna makanan yang bisa saja mengandung zat berbahaya untuk tubuhnya. Hal ini akan membantu kita untuk mengajarkan kepada anak agar lebih selektif dan pandai dalam memilih makanan yang sehat dan bersih.

MANFAATKAN WAKTU LUANG UNTUK MENCOBA MEMBUAT MAKANAN RINGAN YANG DIA INGINKAN DI RUMAH

Sebagian besar anak yang suka jajan di luar biasanya di sebabkan karena di rumah tidak ada cemilan atau makanan ringan yang dimakan. Makanan yang sering mereka temukan adalah nasi dan lauk untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Jika kita bisa menyisihkan sedikit dari waktu yang kita miliki untuk membuat makan ringan sendiri, ini akan sangat membantu anak untuk  merubah kebiasaannya jajan di luar.

USAHA UNTUK MENASIHATI ANAK AGAR TAK SERING JAJAN AKAN JADI EFEKTIF BILA ANDA JUGA MELAKUKAN HAL YANG SAMA

Pada akhirnya kebiasaan kita sebagai orangtualah yang akan berpengaruh pada sikap dan perilaku dari seorang anak. Bukan hanya terus menasihatinya saja, orangtua harus bisa memberikan contoh nyata. Dengan begitu anak pun akan mengikuti apa yang orangtuanya lakukan. Akan menjadi percuma bila anda getol menasihati anak untuk tidak jajan, namun anda sendiri masih suka jajan.

Memang dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mengurangi kebiasaan anak yang sering jajan. Bukan hanya dibutuhkan pola didik yang tepat, orangtua pun dituntut melakukan hal yang sama dalam keseharian. Sebab anak adalah cermin dari orangtuanya.

 

Source