JANGAN ABAIKAN KULIT KERING KARENA BISA PERTANDA PENYAKIT SERIUS
Monday, 09 October 2017
JANGAN ABAIKAN KULIT KERING KARENA BISA PERTANDA PENYAKIT SERIUS

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Beda jenisnya, beda juga masalah yang timbul. Kulit berminyak biasanya akan sering berjerawat. Sementara kalau kulit kering, kadang kulit bisa sampai tertarik. Nah, ini rasanya nggak nyaman banget, lho! 

Biasanya, para cewek akan melakukan berbagai perawatan untuk membuat kulit jadi lebih lembab. Mulai dari mengenakan lotion, serum, hingga perawatan kulit di rumah lainnya mau perawatan di dokter kecantikan. 

Masalah kulit kering memang cenderung bakal bikin penampilan jadi nggak kece. Tapi, ternyata kulit kering itu juga bisa menunjukkan kondisi kesehatanmu, lho! Misalnya, kulit yang terus-menerus kering merupakan tanda kalau kamu kurang minum air mineral. Soalnya, kulit juga bisa dehidrasi dan menjadi kering dan tandus. 

Tapi yang lebih mengejutkannya, kondisi kulit kering ini juga bisa menjadi tanda beberapa penyakit serius yang ada pada tubuhmu. Nggak selalu berkaitan dengan penyakit kulit, kulit kering juga bisa jadi tanda penyakit-penyakit ini. 

1. Diabetes

Dilansir dari Prevention, Seorang dermatologis dari UCLA Medical School Helene Rosenzweig, MD mengatakan nggak semua orang yang terkena diabetes akan memiliki dampak pada kulitnya. Tapi, ketika gula darah tinggi, tubuh pasien akan kehilangan banyak cairan. Ini yang menyebabkan kulit menjadi kering pada pasien diabetes. 

2. Masalah Ginjal

Joseph Vassalotti, MD dari National Kidney Foundation, mengatakan kepada media yang sama kalau kulit kering dan disertai dengan rasa gatal, bisa jadi sebuah tanda adanya gangguan pada ginjal. Ginjal tak lagi berfungsi dengan baik untuk menyeimbagkan jumlah mineral dan nutrisi di dalam darah. 

 

3. Kanker Kulit

Setelah sebelumnya diumumkan sebagai penelitian ilmiah, penggunaan virus herpes untuk membasmi kanker kulit telah menjadi kenyataan.

Kalau kulit kering, menebal, bersisik merah, dan berdarah kalau tergores, ini merupakan tanda penyakit serius lainnya, yaitu kanker kulit. Tapi, ada banyak tanda lain pada kanker kulit, girls. Seperti hilang timbul dan bisa saja nggak sembuh-sembuh. Sebaiknya, kalau ada keluhan soal kulit kering yang nggak biasa, sebaiknya konsultasikan ke dokter, ya!

 

source