KONSUMSI UDANG DAN JERUK BERBAHAYA BAGI KESESEHATAN
Monday, 09 October 2017
KONSUMSI UDANG DAN JERUK BERBAHAYA BAGI KESESEHATAN

Saat sedang memesan menu udang atau seafood lain, salah satu pilihan minuman pendamping populernya adalah es jeruk. Namun demikian, kabarnya kombinasi udang dan jeruk berbahaya bagi kesehatan. Karena konsumsi udang bersamaan dengan vitamin C seperti yang dikandung oleh jeruk, dikabarkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang fatal dan bahkan bisa berakhir pada kematian mendadak. 

Menurut pakar nutrisi Jansen Ongko, MSc, RD, pada dasarnya risiko serius memang bisa dialami seseorang jika memakan udang bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Sebab udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan suplemen mengandung Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut. Karena hal tersebut dapat mengubah As2O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) ayng berbahaya bagi hati, jantung, ginjal, rusaknya pembuluh darah dan usus. Namun semua bergantung pada banyaknya dosis yang dikonsumsi.

Jansen juga mengingatkan bahwa pada orang yang memiliki masalah kesehatan, umumnya reaksi ini akan lebih mungkin berbahaya. Disebutkan dalam jurnal 'Blood' dari American Society of Hematology, salah satu masalah kesehatan yang rentan dengan efek arsenic adalah gangguan darah seperti multiple myeloma atau myeloma. Ini merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sel plasma pada tulang sumsum, yaitu ketika pertumbuhan jumlah sel myeloma lebih banyak dibandingkan jumlah sel darah yang 'normal' atau sehat.

 

Sumber