10 Cara Cegah Kanker Payudara Ala Dokter Bedah Angelina Jolie
Tuesday, 10 October 2017
10 Cara Cegah Kanker Payudara Ala Dokter Bedah Angelina Jolie

Pengidap kanker payudara semakin bertambah. Faktor genetik dan gaya hidup menjadi penyebabnya. Karena itu, perempuan milenial sekarang didorong untuk selalu periksa payudara secara rutin.

Untuk pengecekannya sendiri tidak begitu sulit. Direkomendasikan Kementerian Kesahatan RI, Anda bisa melakukannya sendiri di depan cermin. Yang harus dikerjakan adalah:

1. Perhatikan payudara Anda sendiri.

2. Berdiri tegak dengan kedua tangan berada di samping tubuh. Titik perhatiannya ada di permukaan dan warna payudara. Kemudian, puting juga harus dilihat.

3. Letakkan tangan di pinggang dan tekan dengan kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara dari sisi kiri ke kanan.

4. Kemudian, membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara.

5. Tautkan kedua tangan di belakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan kedua payudara Anda, termasuk di bagian bawah.

6. Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting Anda. Tempatkan jempol dan jari telunjuk Anda di sekitar puting, lalu tekan perlahan, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar. Ulangi pada payudara yang lain.

Sementara itu, bicara mengenai pencegahannya sendiri, dokter bedah Angelina Jolie telah merekomendasikan semua perempuan untuk menaikkan asupan kedelai mereka untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Dr Kristi Funk mengatakan bahwa dia pernah mengatakan kepada pasien untuk menghindari makanan seperti tempe, tahu, edamame, dan susu kedelai. Padahal penelitian yang lebih baru telah menunjukkan manfaat kedelai dalam pencegahan kanker payudara. Dia juga mendesak perempuan untuk menambahkan sayuran dari keluarga kubis dan buah kaya antioksidan di asupan makanan setiap harinya.

Ada juga satu buah tertentu yang sangat dia dukung yaitu Gooseberry India karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Dr Funk merawat aktris AS Jolie yang menjalani mastektomi ganda preventif pada tahun 2013 setelah mengetahui bahwa dia membawa gen BRCA1, yang secara substansial meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium.

Berbicara tentang kedelai berbahaya, dia berkata: 'Ini mitos, ayo sama-sama kita hancurkan pendapat yang salah ini. Lima penelitian besar sejak 2009 menunjukkan bahwa jika Anda mengkonsumsi whole food soy, ini adalah anti-estrogen dalam tubuh Anda," kata Funk.

Lebih lanjut, Dr Funk memuji mamografi 3-D yang dikenal sebagai tomosynthesis dimana metode ini dipercaya sebagai salah satu perkembangan kanker payudara terbaru yang paling penting.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa metode ini memiliki tingkat 34 persen lebih tinggi untuk menemukan penyakit ini daripada mamografi 2-D, karena 3D lebih akurat untuk wanita dengan payudara padat, katanya.

Pendiri Pink Lotus Breast Center di California juga mengingatkan perempuan tanpa riwayat keluarga kanker payudara agar tidak merasa puas dengan tindakan pencegahan karena 90 sampai 95 persen kasus kanker payudara tidak turun-temurun.

"Ada 1,7 juta kanker payudara invasif yang didiagnosis secara global tahun ini. Saya berjanji kepada Anda, lebih dari satu juta di antaranya saya tahu bagaimana mengendalikan dan mencegahnya," ungkap dr. Funk.

Berikut 10 cara pencegahan kanker payudara yang direkomendasikan Dr. Funk:

1. Makan sayur 'cruciferous' setiap hari

Mengonsumsi kembang kol, brokoli, kangkung, kubis, dan brussels sprouts memiliki sifat anti-kanker yang kuat, menurut Dr Funk. Ini karena kandungan glukosinolatnya yang bila dipecah atau dikunyah, enzim yang disebut myrosinase mengubah glukosinolat menjadi isothiocyanates - yang memiliki efek anti-inflamasi dan anti-angiogenik.

2. Konsumsi buah kaya antioksidan

Blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry semuanya kaya akan antioksidan. "Buah ini bisa mencegah radikal bebas dan tentunya bisa membunuh sel kanker dalam tubuh," ungkapnya.

3. Tambahkan kunyit ke makanan atau smoothies

Bahan aktif utama dalam kunyit adalah kurkumin, yang menurut penelitian laboratorium memiliki efek antikanker pada sel kanker. Dr Funk mengatakan itu adalah 'makanan super' untuk payudara dan mudah dikonsumsi dengan menambahkannya smoothie.

4. Makan Gooseberry India

Seringkali dijual sebagai 'bubuk AMLA,' Gooseberry India memiliki konsentrasi antioksidan tertinggi. Ini juga meningkatkan aktivitas metabolik, membantu penyerapan kalsium dan membantu memperbaiki penglihatan.

5. Konsumsi jamur

Jamur adalah sumber nutrisi yang hebat bila menyangkut pencegahan kanker payudara. Tidak ada bukti bahwa semua jenis ekstrak jamur dapat mencegah atau menyembuhkan kanker, tapi, bagaimanapun, jamur kancing mengandung semua asam amino esensial dan merupakan sumber vitamin yang baik.

6. Tambahkan lebih banyak kedelai ke makanan Anda

Selama bertahun-tahun, dokter, termasuk dr. Funk mengatakan kepada pasien kanker payudara untuk menghindari kedelai. Namun, sejak 2009, penelitian yang lebih baru menunjukkan manfaat produk kedelai, termasuk tempe, tahu, edamame, dan susu kedelai.

7. Gunakan sabun bar biasa

Dokter merekomendasikan menggunakan sabun bar kuno dan bukan sabun antibakteri yang bisa mengurangi risiko racun yang Anda hadapi.

8. Beli buah organik

Dr Funk merekomendasikan makan produk organik sesering mungkin. Dia mengatakan ini sangat penting karena bisa menyerap toksin.

9. "Hisap" debu di rumah Anda secara rutin

Menghilangkan debu adalah salah satu cara yang bagus untuk mengurangi jumlah racun di udara.

10. Isi rumah Anda dengan tanaman rumah tangga

Banyak tanaman rumah menyerap racun secara alami. Tambahkan tanaman itu, ya!

 

Source