Tips Skincare untuk Kulit Berminyak
Thursday, 12 October 2017
Tips Skincare untuk Kulit Berminyak

Setiap jenis kulit punya kadar minyak yang berbeda-beda. Tapi, kalau produksi minyaknya sudah berlebihan, kadang kulit jadi gampang terlihat kusam, berjerawat, dan susah pakai makeup. FD Little Notes kali ini akan membahas tuntas tips skincare untuk kulit berminyak!

Ciri-ciri Kulit Berminyak

– Kulit sering terlihat shiny

– Ada minyak yang tampak setiap memakai oil-blotting sheet

– Tampilan pori-pori cenderung besar

– Makeup sering luntur

 

Masalah Umum Kulit Berminyak

Masalah yang biasanya mengikuti problem kulit berminyak adalah pori-pori besar, jerawat, bruntusan, dan komedo. Perlu diingat bahwa ukuran pori-pori dipengaruhi oleh faktor genetik dan pori-pori juga nggak bisa membesar atau mengecil, jadi kurang tepat kalau kamu spesifik mencari skincare yang bisa “mengecilkan pori-pori”. Yang bisa kamu lakukan adalah mengecilkan tampilan pori-pori yang tipsnya bisa didapatkan di video Skincare 101 berikut ini.

Think having an oily skin is a curse? Think again! Ada juga lho, manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kulit berminyak, seperti yang dijelaskan di artikel “Enaknya Punya Kulit Berminyak”.  :)

Kulit Berminyak Bisa Dehidrasi?

Tentu bisa, apalagi kalau skincare yang dipakai semuanya mengandung bahan-bahan yang menguras minyak. Kadang, tanda-tanda kulit dehidrasi justru dilihat dari produksi minyak yang berlebihan karena kulit berusaha mengimbangi kurangnya kelembapan dengan memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Tips Mengatasi Kulit Berminyak yang Dehidrasi

5 Sheet Mask untuk Kulit Berminyak yang Dehidrasi

Skincare Routine Kulit Berminyak

Basically, semuanya sudah dibahas tuntas di video Skincare 101 edisi kulit berminyak di bawah, tapi kalau boleh saya rangkum, tips-tips pentingnya adalah jangan lupa double cleansingrutin eksfoliasi untuk merontokkan sel kulit mati, jangan terlalu fokus pada skincare yang mengeringkan kulit, jangan takut pakai pelembap, dan cari sunscreen yang cocok untuk melindungi kulit.

Satu tambahan dari saya, jangan gampang percaya dengan mitos kulit berminyak atau tergoda skincare routine yang terlalu menumpuk banyak produk pada kulit. Lakukan skincare layering bila perlu aja dan selalu waspada dengan reaksi kulit.

Rekomendasi Produk

5 Produk COSRX untuk Kulit Berminyak 

5 Moisturizer dan Serum Korea untuk Kulit Berminyak

Garnier Matcha Deep Clean yang Unik untuk Kulit Berminyak

3 Sunscreen Korea untuk Kulit Berminyak

Masker The Body Shop untuk Kulit Berminyak

3 Toner untuk Kulit Berminyak Berjerawat

Sumber