Semua Tentang Pori-Pori
Friday, 13 October 2017
Semua Tentang Pori-Pori

Selain jerawat, pori-pori besar adalah skin concern yang paling banyak ditanyakan di artikel maupun di Youtube FD. Buat yang merasa pori-porinya mengganggu, FD Little Notes kali ini akan membahas tentang tips skincare dan juga makeup untuk ngakalin pori-pori besar.

Pada dasarnya, pori-pori adalah jalur keluar-masuk minyak di kulit kita. Minyak di kulit atau sebum secara umum diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari bakteri. Jadi, kalau ada yang nanya gimana cara menghilangkan pori-pori, jawabannya ya mustahil :D Nanti lapisan kulit jadi nggak bekerja sesuai fungsinya.

Satu tahun yang lalu, Affi Assegaf pernah bikin video singkat berdurasi 2 menit yang membahas tentang tiga fakta pori-pori wajib tahu. Silakan mulai di video ini dulu, ya:

Large Pores 101

Okay, pori-pori bersifat genetik dan nggak bisa “dihilangkan” dengan skincare apapun. Tapi, gimana dengan membuat pori-pori tampak lebih kecil? Now that you can do! Di episode kedua tentang pori-pori, Affi menjelaskan lima tips (sunscreen, double cleansing, hindari ingredients tertentu, rajin eksfoliasi, gunakan skincare dengan tretinoin) yang bisa dilakukan untuk menyamarkan pori-pori. Untuk penjelasan setiap metodenya, silakan cek di video ini:

Cara Mengecilkan Tampilan Pori

Lalu, apalagi skincare yang bisa membantu mengecilkan tampilan pori-pori sekaligus membersihkan komedo? Yang sudah terbukti ampuh antara lain adalah charcoal maskclay mask, dan tentunya beta hydroxy acid (salicylic acid). Tenang, masih banyak rekomendasi lain dari FD:

Scrub Natural Favorit untuk Pori-Pori Besar

4 Skincare untuk Komedo dari Korea

DIY Gelatin untuk Komedo

3 Rekomendasi Masker Skinfood

Tips Makeup

Kunci makeup yang smooth di kulit berpori-pori besar adalah penggunaan face primer yang tepat. Nggak cuma bisa bikin makeup tahan lama, tetapi face primer dengan efek blurringjuga bisa menyamarkan pori-pori sekaligus mengontrol minyak. Top it of with a setting powder and you’re ready to go!

Tips Agar Foundation Nempel di Area T-Zone

Bedak untuk Wajah Halus Bagai Difilter

Battle Pore Minimizing Primer: Benefit vs MAKE UP FOR EVER

Rekomendasi Primer Bagus di Bawah Rp 200 Ribu

Psst, buat yang mau lihat foundation hacks paling tokcer, bisa lihat tips “manusia tanpa pori-pori” di video tutorial FD bersama Tasya Farasya di sini, ya. Dijamin, makeup tahan seharian dan pori-pori tertutup dengan sempurna!

Sumber