Tips Memberi Makan Anak Yang Sulit Makan
Monday, 05 November 2018
Tips Memberi Makan Anak Yang Sulit Makan

V Listeners!

Pemberian asupan gizi yang baik bagi si buah hati terkadang merupakan tantangan tersendiri. Bagimana tidak? Si kecil seringkali menolak untuk melahap makanannya, padahal makan makanan yang cukup dapat membantu pertumbuhan si kecil agar tetap sehat dan bugar. Berikut tips-tips yang dapat digunakan untuk menyuapi anak saat makan. Simak terus ya!

1. Jangan pernah paksakan anak untuk makan.

Saat memberi makan, perhatikan porsi dan juga nutrisinya. Saat anak malas makan pun, sebaiknya jangan sekali-kali memaksakan anak makan. Kita bisa coba lagi di jam lainnya atau menu lainnya. Ribet ya. Tetapi jika anak Anda dipaksakan terus untuk makan, konsekuensinya bisa lebih fatal. Sebaiknya batasi waktu anak makan, tidak lebih dari 30 menit. Lebih dari itu, habis tidak habis sebaiknya stop karena pemberian makan sudah tidak efektif.

2. Daripada pemberian sekali makan dengan porsi besar, pemberian makan sering namun dengan porsi sedikit akan lebih efektif.

Memaksakan anak menghabiskan satu porsi besar justru akan mempersulit proses belajar makan bayi Anda. Sebaiknya, beri makan dalam porsi kecil tapi lebih sering. Terapkan responsive feeding, yaitu makan dengan memperhatikan kondisi mood si bayi.

3. Ajak makan dengan suasana riang dan ceria

Saat anak rewel dan susah makan, kita bisa memberikan gadget atau mainan yang bisa mengalihkan perhatian makan bayi. Bisa juga mengalihkan perhatiannya dengan mengajak bayi berjalan-jalan keluar rumah.

4. Sesuaikan waktu makan dengan kondisi anak

Perhatikan kondisi dan mood anak, kalau dia lagi ngantuk, bosan atau nggak nyaman, kita bisa pilih jam lain buat makan.

5. Maksimalkan pemberian cemilan sehat dan tingkatkan kalori makanan dalam satu porsinya, bukan maksimalkan pemberian susunya saja

Biasakan anak makan di jam yang teratur, entah si bayi makannya habis atau tidak habis. Selain untuk membangun kebiasaan makan yang baik, juga agar anak tidak melulu cuma kenyang oleh susu.

6. Berikan anak makanan yang bisa dia pegang dan makan sendiri

Beri dia finger food atau makanan yang bisa dia genggam. Anda bisa beri dia sayuran kukus atau crackers bayi yang bisa dia mainkan dan makan sendiri.

Gimana V Listeners? Tertarik untuk mencobanya? Atau mungkin Anda sudah menerapkannya?

 

 

Source