Anak Kecil Jadi Selebgram, Eksploitasi Anak kah?
Thursday, 22 November 2018
Anak Kecil Jadi Selebgram, Eksploitasi Anak kah?

V listeners!

Media social saat ini menjadi wadah bagi banyak orang untuk bebabagi momen atau mungkin ladang untuk mencari rejeki. Saat ini sudah banyak sekali orangtua yang membuatkan anaknya instagram pribadi walaupun anaknya tidak memainkan aplikasi tersebut. Untuk berbagi keseruan atau kelucuan momen si anak baik foto maupun video.

"Sudah banyak anak-anak yang kini menjadi selebgram, baik itu yang orangtuanya selebriti atau memang dari kalangan umum. Ini fenomena yang tidak bisa dibendung tapi mesti dipahami dengan jelas," menurut psikolog Analisa Widyaningrum. Menurutnya, hal pertama yang mesti digarisbawahi di sini ialah jangan pernah memaksa anak atas dasar ego orangtuanya.

"Sudah banyak anak-anak yang kini menjadi selebgram, baik itu yang orangtuanya selebriti atau memang dari kalangan umum. Ini fenomena yang tidak bisa dibendung tapi mesti dipahami dengan jelas," terang Ana. Ana menjelaskan bahwa itu adalah hak si anak untuk bermain maupun menggunakan instagram dan menjadi terkenal. Hal yang tidak kalah penting adalah jangan memaksa anak untuk berpose. "Pokoknya kalau si anak memberi respon tidak suka atau tidak mau, ya, orangtua jangan pernah memaksakan. Lakukan itu semua ketika si anak juga bahagia melakukannya," kata Ana.

Serta yang terakhir adalah hindari postingan foto anak yang sekiranya dapat mengundang pedofil.

 

Source